Home » Koleksi Barang » Macam-macam Action Figure

Macam-macam Action Figure

Action Figure adalah mainan berkarakter yang berpose, terbuat dari plastik atau material lainnya dan karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televisi. Action figure ini sering dipasarkan memang untuk anak lelaki. Action figure yang bisa diganti-ganti pakaiannya sering disebut sebagai action doll (boneka aksi) sebagai sebuah perbedaan dari action figure yang pakaiannya tidak bisa diganti-ganti atau sudah dicetak. Action figure sangat terkenal dikalangan anak lelaki karena mereka melambangkan suatu sifat maskulin. Awalnya action figure dibuat hanya untuk pasaran anak-anak, kemudian action figure telah berkembang menjadi sebuah barang koleksi bagi para kolektor dewasa dan telah diproduksikan secara spesifik untuk orang dewasa. Dalam hal ini, barang yang dipandang secara cermat adalah mainan yang semata-mata hanya untuk dipajang.

Macam-macam Figure :

  • METAL FIGURE

Figure yang dibuat dari bahan White Metal. Biasanya berupa diorama dari Military Model. Dengan adanya Metal Cast sekarang ini, model semacam ini bisa diperbanyak dengan mudah, karenanya ada juga garage kit yang menggunakan bahan White Metal. Figure macam ini juga sering dipakai dalam TRPG (Table Talk Role Playing Game). Seri terkenal dari jenis ini : Warhammer, Dungeon & Dragons.

  • FIGURE STATUE

Figure yang bahannya bisa dari resin, PVC, metal, dan berbagai bahan lainnya. Yang menjadi ciri khas dari figure jenis ini adalah tidak adanya sendi pergerakan dan fungsinya lebih sebagai pajangan. Ada yang dijual sudah utuh dan ada juga yang harus dipasang terlebih dahulu dan dicat. Seperti garage kit yang menjual statue dalam bentuk potongan badan yang harus kita lem sendiri. Biasanya mengambil model tokoh dalam film, anime dan manga. Seri terkenal dari jenis ini : RAH DX (Robot Animation Hero & Heroine), Garage kit.

Baca Juga: Action Figure di Jepang

  • VENDING MACHINE FIGURE

Figure yang dijual di vending machine yang bisa ditemukan di supermarket, Toko Game, dan Toko Anime, Toko umum lainnya yang menyediakannya, disebut juga dengan Gachagacha atau Gachapon. Biasanya berupa kapsul plastik berisi figure. Dibuat dari bahan dasar karet dan menjadi barang koleksi yang sangat terkenal. Belakangan ini juga dijual di convinience store tidak dari vending machine tapi langsung dijual satuan, dari situlah muncul istilah Trading Figure. Trading Figure biasanya dijual dalam betuk kotak di mana kita tidak akan tahu figure apa yang kita dapatkan di dalamnya. Seri terkenal dari jenis ini : Gachapon, Trading Figure.

  • DOLL

Sebutan Doll diambil dari sebutan orang Eropa terhadap mainan berbentuk manusia. Di Jepang, yang termasuk ke dalam kategori Doll adalah figure yang memiliki sendi pergerakan yang sangat banyak, pakaian yang dapat dilepas dan biasanya terbuat dari kain, dan rambut dari bahan khusus. Doll pertama kali diperkenalkan dalam dunia figure Jepang melalui Super Dollfie. Seringkali ada kerancuan arti dengan Full Action Figure karena seringkali Full Action Figure dikategorikan sebagai Doll juga dan bisa dibilang sulit menemukan perbedaannya. Seri terkenal dari jenis ini : Super Dollfie, Rika-chan.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *