Home » Hobi ekstrim » Lima Lokasi Paralayang Keren yang Layak Dikunjungi

Lima Lokasi Paralayang Keren yang Layak Dikunjungi

Belakangan, olahraga paralayang memiliki semakin banyak peminat. Jenis kegiatan ekstrem ini yang awalnya hanya dilakukan oleh profesional, ternyata mulai dinikmati juga oleh masyarakat umum. Sensasi berada di udara dan bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian tertentu rupanya jadi daya tarik tersendiri. Bagi Anda yang berminat mencoba olahraga ekstrem ini, berikut daftar lima lokasi paralayang keren yang layak dikunjungi.

Kawasan Bukin Joblo, Wonogiri

Masih berada di pulau Jawa, kawasan ini dulunya bukanlah tempat yang menarik. Tetapi, saat akhirnya dikunjungi para pecinta paralayang, tempat ini pun menjadi lebih banyak dikenal orang.

Jika dilihat dari keadaan geografisnya yang berbukit, tempat ini memang sangat cocok sebagai tempat melakukan aksi terbang di udara ini. Selain itu, keadaan cuacanya yang bersahabat menjadikan tempat ini pilihan banyak pecinta paralayang.

Kawasan Bukit Timbis, desa Kutuh, Kuta, Bali

Hanya dengan menyeberang selat Bali, tempat yang berjarak sekitar 15 km dari pantai Kuta ini bisa jadi surga bagi para penikmat paralayang.

Berbeda dengan di Wonogiri, tempat yang sudah terlanjur terkenal ini kini sudah mulai terancam keberadaannya. Semakin banyaknya bangunan di sekitar kawasan ini membuat aliran angin tidak lagi stabil, dan berakibat pada sulitnya digunakan untuk olahraga paralayang.

Puncak Lawang, Danau Maninjau, Sumatera Barat

Lokasi paralayang satu ini sudah terkenal tidak hanya bagi warga lokal saja, tetapi juga warga internasional. Lokasi paralayang yang ada pun tidak hanya satu spot saja. Anda bisa memilih spot, baik di lokasi wisata Puncak Lawang atau di jalan antara Puncak Lawang dan Lawang Park.

Tempatnya yang berada 700 meter dari lokasi pendaratan di Bayur, tepi Danau Maninjau menjadikan tempat ini sempurna untuk paralayang. Sehingga Anda bisa menikmati terbang lebih lama di udara. Meski demikian, Anda juga tetap harus hati-hati saat mendarat. Jangan sampai justru mendarat di tempat yang padat dengan mobil.

Baca Juga: Daftar Pantangan Saat Naik Gunung yang Harus Ditaati

Bukit Beta, Danau Toba, Sumatera Utara

Tidak hanya pesona alamnya yang memang luar biasa, Anda juga bisa menikmati pesona terbang bebas di area Bukit Beta, Danau Toba ini.

Sambil melayang bebas di udara, Anda juga bisa disuguhi pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam. Cahaya matahari yang ada dan berpadu dengan suasana alam yang masih alami menciptakan pemandangan alam yang sangat luar biasa.

Matantimali, Sulawesi Tengah

Spot berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan menikmati terbang bebas adalah Matantimali di Sulawesi Tengah. Di sini, Anda akan disuguhi pemandangan laut bebas, karena spotnya memang menghadap langsung ke pulau dan teluk.

Meski berada tidak jauh dari laut, Anda tidak perlu khawatir kesulitan mengendalikan paralayang. Angin di tempat ini cukup bersahabat, karena ada lereng gunung di sekitar yang akan memantulkan kembali gelombang udara dari laut. Adanya gelembung panas bumi di kawasan tersebut juga menguntungkan para pecinta paralayang untuk menstabilkan ketinggian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *