Home » Hobi Menyehatkan » Lakukan Dulu Persiapan Ini Sebelum Berlatih Bulutangkis

Lakukan Dulu Persiapan Ini Sebelum Berlatih Bulutangkis

Masyarakat Indonesia tentu kenal sekali dengan olahraga bulutangkis yang juga disebut sebagai badminton, sebab di tahun 90-an. Tim Indonesia di cabang olahraga satu ini berhasil menggaet semua medali emas di kompetisi Sea Games, sejak saat itu semakin banyak orang tertarik menikmati olahraga satu ini. Sistem permainannya memakai raket dengan gerakan yang sangat cepat dan tangkas demi mencetak skor sebanyak mungkin sehingga bisa memenangkan permainan. Skor bisa didapatkan jika shuttlecock menembus net tim lawan.

Lakukan Dulu Persiapan Ini Sebelum Berlatih Bulutangkis

Persiapan Sebelum Berlatih Badminton

Meskipun sekilas aturan permainannya sama dengan olahraga tenis namun ada beberapa perbedaan signifikan, jadi jangan dipukul rata. Apabila tertarik untuk mempelajarinya maka lakukan dulu beberapa persiapan berikut ini:

  • Pahami aturan permainannya seperti apa,

Sebagaimana dengan olahraga tenis, badminton ini memakai raket dan dilakukan oleh dua atau empat pemain. Aturannya adalah menjatuhkan cock ke net lawan tentunya di dalam garis jadi jangan asal dipukul kalau malah keluar sebab memberi nilai pada lawan. Memahami aturan mainnya sejak awal membantu Anda memahami tujuan dari permainan ini sehingga bisa menunjukan permainan yang berkualitas.

  • Memahami dan menguasai teknik bermain,

Kalau Anda memperhatikan para pemain bulutangkis profesional yang tengah berlaga maka kan menyadari terdapat beberapa gerakan khas. Baik ketika melakukan service, smash, dan lain sebagainya biasanya ada pengaturan posisi kaki maupun sikap tubuh saat mengayun raket. Biasakan untuk memperhatikan pemain saat berlaga di lapangan agar bisa sedikit banyak mengetahui gerakan dasarnya seperti apa. Kemudian baru dipraktekkan dijamin akan merasa lebih nyaman saat berlatih dan bisa terlihat pintar.

  • Mengatur strategi dengan baik,

Permainan satu ini terlihat sederhana namun ketika praktek sendiri secara langsung bisa jadi kelabakan mengikuti gerakan cock yang melayang ke segala arah. Membiarkan cock jatuh di dalam area Anda tentu akan menguntungkan permainan lawan. Maka perhatikan bagaimana para atlet badminton beraksi, sebab mereka memiliki strategi yang khas. Mulai dari selalu kembali ke posisi semula usai memukul cock yang dikirimkan lawan. Sekaligus selalu sigap bergerak sehingga fokus kepada arah cock yang dikirimkan lawan, dijamin lebih mudah mencetak skor kalau memahaminya.

  • Gunakan perlengkapan yang mendukung,

Persiapan berikutnya adalah mengenai perlengkapan yang digunakan, sebab olahraga jenis apapun membutuhkan perlengkapan yang mendukung. Apalagi jika masih di kelas pemula maka penting untuk memilih perlengkapan terbaik agar lebih mudah belajar. Dimulai dari baju, sepatu, sampai raket dan shuttlecock yang dipilih dan digunakan baiknya merupakan yang terbaik. Tujuannya tentu saja untuk membantu mendapatkan permainan yang maksimal, Anda lebih mudah bergerak dan nyaman beraksi. Sehingga proses belajar olahraga bulutangkis ini akan terasa semakin mudah.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *