Home » Hobi ekstrim » Lakukan 4 Persiapan Ini Sebelum Offroad Dilakukan Supaya Aman dan Memuaskan

Lakukan 4 Persiapan Ini Sebelum Offroad Dilakukan Supaya Aman dan Memuaskan

Bagi Anda yang menyukai dunia otomotif maka dijamin akan familiar dengan kegiatan offroad yang bisa dikatakan melakukan touring ke beberapa wilayah. Tidak hanya pecinta motor saja yang melakukan kegiatan ini melainkan juga pengguna mobil atau jenis kendaraan lainnya. Berbeda dengan istilah touring secara umum, kegiatan satu ini lebih kepada kegiatan menjelajahi suatu lokasi yang masih alami dengan kendaraan yang dimilikinya. Kalau Anda keliling kota dengan sepeda motor itu disebut touring namun kalau naik gunung dengan motor maka cocok disebut dengan istilah tersebut.

Persiapan Terbaik Sebelum Melakukan Penjelajahan

Ada banyak tempat alami dan masih perawan di Indonesia sehingga bisa dijadikan lokasi menjelajah dengan kendaraan kesayangan bersama seluruh anggota komunitas. Namun agar penjelajahan ini aman sekaligus nyaman lakukan dulu persiapan berikut ini:

  • Survei dulu untuk mengetahui kondisi medan,

Daerah yang akan dikunjungi usahakan untuk di survei terlebih dahulu sehingga bisa tahu kondisi jalanya seperti apa. Tidak hanya kondisi jalan saja melainkan juga kondisi cuaca atau iklim, apakah dekat dengan lokasi pemukiman, jaraknya jauh atau dekat, dan lain sebagainya. Semakin detail karakter daerah diketahui maka semakin mudah melakukan persiapan yang dibutuhkan.

  • Persiapkan kendaraan semaksimal mungkin,

Persiapan selanjutnya sebelum melakukan adventure offroad tentu saja menyiapkan kendaraan yang akan digunakan. Biasanya mobil jenis jeep dan motor yang jenis sport menjadi pilihan agar tidak mengalami kesulitan dalam melewati medan. Dianjurkan untuk disservice terlebih dahulu guna memastikan tidak ada komponen mesin yang mengalami error dan kerusakan. Sebab setibanya di lokasi dijamin akan kepayahan mencari bengkel, kalau rusak malah membuat beban perjalanan semakin berlipat-lipat.

Baca Juga: Manfaat Pengujian Mobil OffRoad

  • Menyediakan peralatan untuk camping,

Peralatan camping juga menjadi peralatan yang perlu disiapkan oleh penikmat kegiatan penjelajahan bersama kendaraan ini. Usahakan selain menyiapkan kendaraan sebaik mungkin juga sudah menyiapkan kebutuhan pribadi. Terutama soal makanan dan minuman, berhubung akan berada di tempat yang jauh dari pemukiman tentu minim fasilitas publik. Maka sediakan makanan instan atau yang awet dan mudah diolah, misal telur, mie instan, sarden, dan sejenisnya. Kemudian menyiapkan pula peralatan masak dan tidur, bisa pula membawa tenda jika ada rencana bermalam.

  • Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi,

Obat-obatan juga menjadi kebutuhan pribadi yang wajib pula dibawa sebab bisa jadi nantinya akan sakit selama perjalanan. Entah terkena flu, masuk angin, dan sebagainya sehingga ketika berada di alam bebas dan jauh dari rumah penduduk masih bisa memberi pertolongan. Minimal sediakan minyak kayu putih atau balsem agar lebih tajam panasnya, obat flu, obat pusing dan sakit kepala, obat merah beserta peralatan P3K lainnya. Persiapan yang matang akan membantu menjadikan kegiatan offroad lebih aman dan memuaskan.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *