Home » hobi » Lakukan 4 Persiapan Ini Sebelum Memelihara Binatang

Lakukan 4 Persiapan Ini Sebelum Memelihara Binatang

Bagi yang suka dengan hewan dijamin akan mencoba memelihara binatang yang disukainya di rumah sehingga bisa menjadi sarana melepaskan stress. Tidak dapat dipungkiri jika keberadaan hewan peliharaan di rumah yang lucu dan menggemaskan bisa membuat mood selalu dalam kondisi baik. Kesibukan merawat peliharaan ini bisa menjadikan hari-hari lebih berwarna, hanya saja sudah siapkah Anda memiliki hewan peliharaan? Pasalnya beberapa orang sekedar suka dan ketika disuruh mengurus hewan yang dibelinya di petshop malah mengaku kelabakan.

Persiapan Sebelum Memelihara Hewan

Supaya nyaman dan sukses memiliki hewan peliharaan di rumah maka butuh persiapan khusus, dan persiapan ini antara lain:

Pastikan orang rumah mendukung,

Hewan yang Anda pelihara tentu akan ada di rumah selama 24 jam penuh, dan jika kebetulan Anda tidak tinggal sendiri. Baiknya tidak mengabaikan perasaan dari orang serumah dan minta persetujuan mereka bagaimana jika ada kucing, anjing, kelinci, atau hewan apapun yang dipilih untuk dipelihara. Asalkan mereka setuju maka Anda bisa dengan nyaman memelihara hewan tersebut malah mendapatkan bantuan ketika sibuk dan tidak sempat merawatnya.

Mempertimbangkan soal biaya,

Ketika memutuskan untuk memelihara binatang maka jangan kaget manakala mendapati biaya hidup mengalami peningkatan. Malahan beberapa pecinta hewan mengaku biaya makan mereka dengan hewan yang dipelihara lebih banyak hewan peliharaannya. Apalagi jika memilih hewan carnivora, selain biaya makan masih ada biaya vaksinasi, biaya perawatan ke salon, dan biaya berobat ke dokter ketika sakit. Biaya-biaya ini musti diperhatikan dengan cermat agar bisa disesuaikan dengan kondisi finansial, sehingga bisa memberikan perawatan yang layak.

Baca Juga : Inilah Syarat Memelihara Binatang yang Harus Diketahui Para Pemula

Memperhatikan ukuran atau luas rumah,

Sebelum memelihara hewan kesukaan Anda baiknya juga memperhatikan soal luas dari rumah yang ditempati. Jika memang tidak terlalu luas baiknya cari hewan yang bisa dipelihara dengan karakter yang tidak egois sehingga tetap nyaman meski berada di tempat sempit. Salah satu contohnya adalah hamster, hewan kecil yang lucu ini bisa ditempatkan di kandang jadi rumah sempit pun bukan masalah. Kemudian jika Anda tinggal di apartemen otomatis tidak bisa memelihara hewan kecuali pengelola apartemen memiliki aturan berbeda.

Mengecek kondisi lingkungan sekitar,

Mengecek kondisi lingkungan disini bisa berkaitan dengan cuaca atau iklim di tempat Anda, baiknya mencari jenis hewan yang bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut. Jika memang tinggal di tempat yang cukup sejuk maka pilih hewan yang bisa tetap sehat ketika diajak tinggal di tempat Anda. Begitupun sebaliknya, kemudian perlu menimbang pula soal ramai tidaknya lingkungan sekitar karena beberapa hewan cenderung agresif di keramaian. Maka kenali karakter hewan yang memang sesuai untuk memenuhi keinginan memelihara binatang di rumah.

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *