Home » Koleksi Barang » Koleksi Action Figures Hobi Yang Menguntungkan

Koleksi Action Figures Hobi Yang Menguntungkan

Action figures pada prinsipnya adalah barang mainan atau barang pajangan. Cuma jangan salah, belakangan action figure jadi barang koleksi bernilai tinggi. Action figures adalah karakter tokoh-tokoh yang ada di komik, televisi, video game, atau actor terkenal. Bagi kolektor mainan sejati, pastinya rela merogoh kocek dalam-dalam demi meminang mainan langka alias rare collectible toys. Bukan rahasia lagi kalau ada orang-orang yang rela menghabiskan begitu banyak uang untuk mendapatkan mainan yang diinginkan. Perlu diingat, mainan-mainan seperti ini dibanderol dengan harga yang tidak murah. Sementara itu, tak sedikit yang bertujuan sebagai sarana investasi layaknya emas, saham, obligasi, atau pun reksa dana. Action figure dapat menjadi salah hobi yang menguntungkan di kemudian hari.

Bila sejak awal sudah menentukan sebagai sarana investasi atau mendapatkan keuntungan di masa depan, maka perlu pendekatan khusus. Apa saja pendekatannya, simak artikel berikut.

  • Biarkan tetap di dalam wadah

Kolektor action figure sejati selalu menyimpan koleksinya dalam kemasan. Sebutan kerennya adalah Mint In Sealed Box (MISB). Ini dilakukan sebagai cara menjaga nilai jualnya tetap tinggi. Sebaliknya, action figure yang sudah dipisahkan dari kemasannya akan menjatuhkan nilainya antara 50-70 persen dari harga beli.

  • Spesialisasikan action figures

Fokus dalam memilih secara selektif koleksi action figure. Misalnya saja hanya berburu koleksi action figure 3A. Produk asal Hong Kong ini cukup terkenal di kalangan kolektor. Selain mahal, action figure 3A terbilang paling susah dicari. Pilihan lainnya dari Hasbro yang terkenal akan action figure GI Joe dan Transformers. Kemudian ada lagi Bandai dengan produknya Dragon Ball dan Gundam. Selain hemat pengeluaran, cara ini juga membuat kita mudah dikenal sebagai spesialisasi action figure keluaran tertentu. Jadi gampang dikenal banyak orang.

Baca Juga: Keuntungan Dari Koleksi Action Figure

  • Makin detail makin mahal harganya

Perlu digaris bawahi, action figure yang bernilai tinggi itu terletak dari tingkat kedetailannya. Makin detail action figure sehingga makin mirip dengan karakter aslinya, bisa ditebak makin mahal pula harganya.

  • Wajib dirawat

Pelajari dengan teliti action figure itu terbuat dari material apa. Ada yang dari plastik, vinyl, karet, dan lain sebagainya. Material pembuat action figure itu sangat menentukan jenis perawatannya. Kemudian yang tak kalah penting, simpan semua koleksi itu dalam suatu wadah dengan suhu ruang dan jauhi dari kelembaban dan sinar matahari langsung.

Empat pendekatan itu bisa dipraktikan kalau niat awalnya ingin menjadikan action figure sebagai sarana investasi. Intinya, hobi koleksi action figure itu tak hanya mengasyikan tapi juga bisa menguntungkan. Menjadikan koleksi action figure sebagai investasi sejatinya didukung beberapa faktor. Utamanya, action figure tak diproduksi massal melainkan berdasarkan pesanan atau dalam waktu terbatas. Jadi tak heran karena kelangkaannya itu menjadikan nilai action figure melonjak tinggi. Makin langka maka harganya akan semakin tinggi.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *