Home » Koleksi Barang » Keuntungan dan Kerugian Memiliki Barang Antik

Keuntungan dan Kerugian Memiliki Barang Antik

Tua dan bekas. Itulah 2 kata yang menggambarkan barang antik. Tapi jangan salah, dibalik itu barang lama tersebut mempunyai  potensi yang luar biasa. Meskipun terhitung barang lama, barang ini mempunyai penggemarnya tersendiri. Memang adalah keasikan tersendiri dalam berburu barang ini. Tapi meskipun begitu,seperti halnya 2 sisi mata uang, barang ini memiliki 2 sisi yang berlawanan. Positif dan negatif. Berikut adalah keuntungan dan kerugian memiliki barang  antik.

Keuntungan memiliki  barang antik

Nilai estetika

Barang antik meskipun secara usia merupakan barang lama tapi biasanya mempunyai nilai estetika yang tinggi. Nilai estetika inilah salah satu hal yang dicari oleh para penggemarnya.

Prestise

Untuk barang antik jenis – jenis tertentu yang memang keberadaannya sangat langka memang akan sulit didapat. Dan jika anda bisa mendapatkannya akan menjadi prestise bagi anda. Karena mungkin anda adalah satu diantara segelintir orang di dunia yang memilikinya.

Investasi

Memiliki barang seperti ini anda seperti sedang berinvestasi.  Apalagi jika yang anda miliki adalah barang yang sangat langka keberadaannya di dunia. Barang langka yang bisa dipastikan ketika anda mencari dan mendapatkannya  pasti dengan merogoh kocek yang sangat dalam.  Anda bayangkan nilainya beberapa tahun ke depan. Tugas anda hanya harus menjaga dan memeliharanya dengan baik.

Bisnis yang menggiurkan

Jika anda jeli melihat peluang. Potensi binis barang antik terbilang menggiurkan. Apalagi anda sekaligus sebagai kolektor yang otomatis mempunyai link dengan sesama kolektor. Anda bisa mengakomodir kebutuhan  atau apa yang dicari oleh relasi anda sesama kolektor. Anda bisa mencari barang yang anda cari sambil mencari yang mereka butuhkan. Dengan asumsi bahwa harga barang jenis ini cenderung gelap tanpa patokan jelas. Artinya kemungkinan anda mendapatkan margin keuntungan yang tinggi sangat memungkinkan.

Kekurangan memiliki  barang antik

Menghabiskan biaya

Pada umumnya karena barang ini langka , sehingga biasanya dana yang harus anda keluarkan untuk mendapatkannya relatif lebih besar. Apalagi kalo berbicara barang yang dengan kualitas tinggi. Belum lagi biaya  yang dikeluarkan untuk mencarinya.

 

Menghabiskan waktu

Ketika anda sudah mencintai suatu hobi,seperti juga mencintai barang ini. Maka kemana pun dan dimana pun pasti anda kejar. Entah berapa lama waktu yang dibutuhkan sudah tidak dipikirkan lagi.

Rentan penipuan

Mencari barang ini sangat rentan akan penipuan, apalagi kalo bicara barang dengan nilai luar biasa. Belum lagi untuk jenis tertentu yang memerlukan dokumen atau semacamnya. Banyak orang diluar sana yang berusaha memalsukannya. Jika anda tidak benar – benar mengetahui  tentang barang yang anda cari, bisa dipastikan anda rentan tertipu.  Bila itu terjadi investasi anda menjadi sia – sia .

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *