Home » Mainan » Kertas Lipat Media Belajar yang Menyenangkan Bagi Pendidikan Taman Kanak – Kanak

Kertas Lipat Media Belajar yang Menyenangkan Bagi Pendidikan Taman Kanak – Kanak

Pendidikan Taman Kanak – Kanak adalah pendidikan yang diselenggarakan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan seluruh aspek kepribadian anak. Cara belajar di taman kanak – kanak harus disesuaikan dengan usia anak yang masih suka bermain seperti pengenalan nama dan bentuk binatang – binatang, pengenalan warna – warna bisa menggunakan media sederhana dan menarik bagi anak – anak. Kertas lipat media belajar yang menyenangkan bagi pendidikan taman kanak – kanak sehingga kreativitas anak akan berkembang ketika anak – anak memainkan kertas lipat yang berwarna – warni.

Kertas lipat bisa dijadikan media belajar pengenalan bentuk binatang – binatang dengan cara melipat kertas menjadi bentuk seekor binatang yang paling mudah untuk dibuat oleh anak taman kanak – kanak seperti burung. Anak – anak secara tidak langsung akan belajar mengenal bentuk burung, mengenal macam – macam warna dari kertas yang digunakannya.

Motorik halus anak akan terlatih ketika ada aktivitas yang melibatkan organ tubuh mata dan tangan. Kertas lipat merupakan salah satu media belajar untuk melatih kemampuan motorik anak. Ketika anak  mulai   melakukan kegiatan melipat, jari – jari tangan bergerak aktif dan cepat dalam melipat kertas sedangkan mata akan melihat secara teliti langkah – langkah yang diajarkan oleh guru.

Kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan yang penting bagi anak – anak dalam mengimajinasikan sesuatu gambar dan mengingat aktivitas yang telah dilakukannya. Bermain melipat kertas sangat cocok untuk melatih kecerdasan ini. Daya imajinasi anak – anak akan muncul ketika disuruh untuk membentuk suatu benda dari selembar kertas lipat.

Guru akan menjelaskan petunjuk – petunjuk secara berurutan bagaimana membentuk sesuatu benda dari kertas. Petunjuk – petunjuk tersebut akan diikuti oleh anak – anak sampai bentuk yang diinginkannya selesai. Ini merupakan salah satu media belajar anak untuk mengikuti arahan dan petunjuk dari guru.

Banyaknya lipatan – lipatan kertas yang harus dikerjakan merupakan tantangan tersendiri bagi anak untuk menyelesaikannya. Persoalan dianggap terjadi ketika anak – anak Taman Kanak – Kanak mulai melakukan kegiatan melipat dengan mengikuti alur – alur diagram yang ada dan persoalan dianggap selesai ketika anak – anak bisa menyelesaikan kegiatan melipat sampai berbentuk benda. Disini anak – anak belajar untuk mencari solusi dari persoalan yang tengah dihadapinya.

Dalam memecahkan persoalan, anak – anak dilatih untuk berfikir logis dan matematis. Salah satu media belajarnya anak – anak diarahkan untuk melipat secara proporsional sesuai bentuk benda yang diinginkannya.

Media belajar dengan menggunakan kertas lipat akan sangat menyenangkan dan  membuat kegiatan belajar mengajar anak menjadi tidak membosankan. Semangat belajar anak Taman Kanak – Kanak akan terus terjaga sehingga mempermudah bagi para pengajar untuk memberi pelajaran.  

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *