Home » Kerajinan Tangan » KERAJINAN TANGAN UNTUK SEPATU

KERAJINAN TANGAN UNTUK SEPATU

Kerajinan tangan semakin hari, semakin banyak kita temui. Bentuknya pun sangat beragam. Contohnya adalah kerajinan tangan untuk sepatu. Meskipun sepatu banyak dibuat dengan menggunakan mesin, bukan berarti pembuatan sepatu dengan mengandalkan manual ditinggalkan para pengrajin. Karena kerajinan tangan memiliki pecintanya sendiri. Biasanya mereka yang sangat mencintai dunia seni.

Kenapa kerajinan tangan untuk sepatu dikaitkan dengan dunia seni? Itu jelas sekali terkait. Seperti kerajinan tangan lainnya, kerajinan tangan untuk sepatu pun membutuhkan tangan terampil untuk menjadikan sebuah bahan menjadi sepatu yang unik, lucu, bahkan sesuai dengan keinginan pemesannya. Jadi bisa dikatakan kalau Anda yang nantinya akan memakai jenis sepatu tersebut, satu-satunya. Tentu saja, setelah Anda meminta pada pembuatnya untuk tidak mempublish bentuk sepatu pesanan Anda baik di tokonya maupun di toko online-nya.

Dari bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan sepatu, ada dua bahan yang pastinya tidak asing untuk Anda. Pertama, rajutan dan kedua, anyaman. Dua bahan ini bisa dibuat berbagai bentuk kerajinan tangan, termasuk sepatu tentunya. Untuk membahas lebih jauh, mari kita ulas secara singkat dua bahan pembuatan sepatu tersebut:

  • Rajutan

Dengan kain wol, Anda bisa membuat sepatu dengan berbagai macam warna atau aksen-asken lucu di sekitarnya. Biasanya yang memesan kerajinan tangan untuk sepatu adalah perempuan untuk dirinya sendiri atau dihadihkan ke perempuan lain baik yang usianya masih bayi ataupun dewasa. Sepatu yang dibuat dengan menggunakan kain wol ini, membutuhkan alas yang lebih keras dibandingkan kain wol itu sendiri.

  • Anyaman

Seperti halnya sepatu yang dibuat dari kain wol, sepatu dari anyaman juga membutuhkan alas untuk dijadikan sepatu. Yang membedakannya, anyaman tidak diperuntukkan bagi perempuan saja, melainkan untuk semua kalangan baik perempuan ataupun laki-laki. Dengan lintas jenis kelamin, tentunya bahan yang dibutuhkan untuk sepatu laki-laki lebih banyak dibandingkan perempuan yang memiliki bentuk lebih kecil.

Mengenai harga kerajinan tangan untuk sepatu dengan dua bahan di atas, tentu saja beragam. Disesuaikan dengan kerumitan bentuk sepatu itu sendiri. Semakin banyak menggunakan aksen pada sepatu, semakin mahal harganya. Waktu pengerjaannya juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sehingga siapapun yang telah memesan sepatu dari kerajinan tangan harus memiliki kesabaran sampai sepatu itu jadi dan bisa digunakan sebagaimana seharusnya.

Tapi percayalah, kalau memang pesanan itu benar-benar sesuai dengan keinginan Anda, pasti Anda akan merasa sangat puas, karena bisa dikatakan sepatu itu adalah “Anda banget.” Dan kalau bentuk kerajinan tangan untuk sepatu itu hanya dibuat untuk Anda, artinya memang hanya Anda yang memiliki jenis tersebut. Paling tidak, tidak ada sepatu yang jenisnya serupa di pengrajin tesebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *