Home » Kerajinan Tangan » Kerajinan Tangan Membuat Lampu Hias Dari Lilitan Benang

Kerajinan Tangan Membuat Lampu Hias Dari Lilitan Benang

Membuat kerajinan tangan lampu hias menjadi salah satu peluang usaha tanpa harus mengeluarkan modal besar. Karena Anda bisa memilih model lampu hias dengan bahan-bahan yang bisa disesuaikan dengan budget. Nyaman tidaknya sebuah ruangan ditentukan oleh banyaknya cahaya. Misalnya sebuah ruangan akan terlihat lebih luas jika menggunakan lampu yang putih terang, saat tidur membutuhkan lampu yang temaram.

Menciptakan suasana ruangan yang temaram bisa menggunakan bantuan lampu hias. Lampu hias adalah lampu yang diberi dudukan dan kap(tutup) sehingga lampu tidak terlihat  hanya bohlamnya saja.

Lampu hias tidak hanya berfungsi menerangi saja, namun bisa menjadi hiasan diatas meja yang indah. Banyak pilihan bahan dan bentuk, model lampu hias. Salah satunya adalah kerajinan tangan lampu hias dengan lilitan benang.

Lampu Hias Lilitan Benang

Ada beberapa teknik pembuatan lampu hias dengan menggunakan benang. Walaupun medianya hanya benang, Anda bisa membuat lampu hias dengan bentuk yang lucu misalnya; tokoh kartun atau binatang. Berikut adalah bahan dan cara pembuatan lampu hias dengan benang.

Bahan-Bahan:

  1. Benang jahit
  2. Balon digunakan untuk mencetak
  3. Lem kayu
  4. Lampu dan dudukan lampu
  5. Stop kontak dan kabel.

Baca Juga: Kerajinan Tangan Bingkai Foto Menggunakan Botol Bekas

Cara Pembuatan :

  1. Pertama-tama tiup balon, ukuran balon adalah ukuran lampu hias yang akan Anda buat. Jadi sesuaikan besar kecilnya ukuran balon sesuai yang Anda inginkan.
  2. Setelah selesai lilitkan benang dipermukaan balon menggunakan lem kayu agar benang menempel.
  3. Tutupi semua permukaan balon dengan benang hingga rata dan padat. Lakukan secara berulang-ulang, pastikan benang saling menindih dan menumpuk.
  4. Setelah dirasa padat, diamkan lem hingga kering dan lilitan benang kaku.
  5. Untuk mengeringkan balon yang ukurannya kecil membutuhkan waktu satu hari, sedangkan untuk balon yang ukurannya besar membutuhkan waktu yang lumayan lama yaitu 4 – 5 hari.
  6. Setelah lem kering dan benang sudah sangat kaku, kempeskan balon yang ada didalamnya. Sehingga yang ada hanya bulatan lilitan benang yang sudah mengeras.
  7. Buat lubang sesuai dengan ukuran stand (dudukan) untuk lampu. Pastikan stand disimpan dalam posisi yang aman.

Membentuk Karakter Wajah Lampu Hias

Bulatan lilitan benang yang sudah jadi bisa dihias dengan bentuk yang Anda inginkan, misalnya: hello kity, kucing, naruto, doraemon atau tokoh kartun lainnya. Cara membuat bagian wajah bisa menggunakan kain panel.

Pilih warna kain panel sesuai dengan warna bagian wajah dan gunting sesuai bentuk bagian wajah, seperti: hidung, mata, mulut, alis dsb.

Setelah selesai membuat karakter wajah, lanjutkan dengan proses trakhir yaitu memasukkan dudukan lampu ke dalam kap lilitan benang. Pastikan lampu sudah terpasang.

Nah, lampu hias dari lilitan benang sudah bisa Anda gunakan. Selain meggunakan benang kerajinan tangan lampu hias bisa menggunakan bahan-bahan lainnya seperti, botol plastic, bamboo dsb.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *