Home » Kerajinan Tangan » Kerajinan Tangan Bingkai Foto Menggunakan Botol Bekas

Kerajinan Tangan Bingkai Foto Menggunakan Botol Bekas

Jangan buang botol botol bekas yang ada di rumah Anda karena sekarang botol-botol bekas bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang menarik dan unik. Salah satunya adalah dijadikan bingkai foto. Botol dan gelas plastik sekarang menjadi salah satu masalah sampah yang banyak ditemukan di mana saja.

Plastik menjadi masalah lingkungan yang sangat besar sekali, karena plastik adalah bahan yang susah diurai. Untuk mengurai plastik membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan membutuhkan waktu hingga puluhan tahun.

Ada banyak bahan yang bisa dijadikan bahan membuat bingkai foto, seperti: kayu, plastik atau bahan lainnya. Namun jika Anda ingin membuat kerajinan tangan dengan bahan dan cara membuatnya simple, sederhana dan mudah bisa menggunakan botol plastik.

Selain itu pemilihan bahan botol plastik yang sudah tidak digunakan menjadi salah satu gerakan menjaga lingkungan dan mengurangi sampah. Dengan kreatifitas dan inovasi Anda bisa menyulap botol menjadi barang kerajinan yang indah salah satunya adalah pigura foto. Berikut adalah cara-cara membuat bingkai foto menggunakan bahan plastik, bisa dari botol maupun gelas plastik.

Baca Juga: 2 Aneka Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas

Bahan-Bahannya:

  • Dua botol plastik
  • Kertas duplek atau potongan triplek
  • Cat
  • Lem
  • Gunting

Cara Membuatnya:

  1. Potong botol plastik menjadi bentuk gelang
  2. Dan satu botol lainnya dipotong hanya bagian tutupnya sehingga membentuk tabung.
  3. Siapkan kertas duplek atau triplek, potong menjadi ukuran 30x40cm.
  4. Cat permukaan duplek dengan warna hitam.
  5. Siapkan plastik yang sudah dipotong-potong sebelumnya menjadi bentuk gelang. Ambil 2 atau 3 potongan gelang menjadi 2 atau 3 bagian.
  6. Buat lubang pada botol sesuaikan dengan panjang duplek atau triplek yang sudah dicat hitam.
  7. Potongan-potongan plastik dijadikan hiasan yang ditempelkan di bagian kanan kiri botol.
  8. Agar lebih indah potongan-potongan plastik tersebut bisa diberi warna dengan cet dan ditempel dengan bentuk yang dekoratif.
  9. Untuk penjepit foto (kaca) bisa diganti menggunakan plastik tebal yang bening.

Agar tidak mudah bergeser, ada teknik atau cara menjempit plastik yang benar, yaitu:

  • Terlebih dulu tempelkan plastik penjepit, ukurannya bisa dikurangi 1cm dari ukuran triplek atau duplek. Mulai dari sisi bawah, atas, kanan dan kiri.
  • Sesudah plastik tertempel dengan baik lanjutkan dengan menempel hiasan dari potongan plastik yang sudah diberi warna. Tempelkan pada sisi kanan kiri atas dan bawah dengan lebar yang sama yaitu 1cm.
  • Untuk memasukkan dan mengeluarkan foto bisa menggunakan bagian atas.

Cara membuat kerajinan tangan bingkai foto di atas adalah cara yang paling mudah dengan bahan-bahan yang sederhana dan sangat mudah didapatkan, karena Anda tidak perlu bingung repot mencari atau membelinya. Jika Anda bingung menentukan bentuk bingkai, bisa meniru bentuk bingkai yang sudah ada dipasaran.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *