Home » Tanaman » Jenis-Jenis Peralatan Berkebun Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Peralatan Berkebun Dan Fungsinya

Bagi sebagian orang, aktivitas berkebun menjadi kegiatan yang menyenangkan. Aktifitas berkebun meliputi kegiatan mengolah lahan, menebar benih, menanam pohon sampai proses perawatan yang dilakukan secara berkala. Agar kegiatan tersebut berjalan efektif maka perlu peralatan berkebun yang tepat.

Berikut ini beberapa peralatan berkebun yang wajib dimiliki agar aktivitas berkebun menjadi lebih menyeangkan.

Alat Pemotong Rumput

Alat pemotong rumput tersedia dua jenis yaitu yang manual dan otomatis. Agar proses memotong rumput lebih cepat, Anda bisa pilih pemotong otomatis. Sistem kerja alat ini adalah dengan menggerakkan lempengan besi sehingga bisa memotong rumput seketika. Alat pemotong rumput otomatis terbagi menjadi dua jenis yaitu: trimmer dan edger.

Keduanya memiliki perbedaan yaitu bila timmer alat pemotong rumput yang tumbuh langsung ditanah, sedangkan edger merupakan alat pemotong rumput yang tumbuh di antara batu, kerikil dan permukaan keras lainnya.

Sedangkan alat pemotong rumput yang manual adalah gunting rumut. Selain digunakan untuk memotong rumput, alat ini bisa digunakan untuk emmangkas tanaman dan pohon yang sudah lebat daunnya.

Spreader

Seperti namanya, spreader adalah alat yang bisa membantu Anda menyebarkan pupuk dan zat penyubur lainnya. Menggunakan alat ini pengerjaan menyebar benih, pupuk dsb menjadi lebih cepat. Spreader memiliki pegangan bentuknya engkol. Pada bagian bawanya terdapat lubang yang bisa diisi dengan bahan yang akan disebar.

Apabila kebun Anda luas bisa gunakan drop spreader. Perbedaannya dengan hand spreader, pada drop Anda bisa menentukan kapan bahan yang dimasukkan akan dijatuhkan sehingga penyebarannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Sedangkan pada hand, biasanya benih dan pupuk tercecer di mana saja.

Lawnmover

Peralatan ini wajib dimiliki oleh Anda yang memiliki kebun luas. Prinsip kerjanya hampir mirip dengan timmer,perbedaannya timmer lebih cocok digunakan untuk kebun yang tidak luas. Ukuran dan tipe lawnmover bervariasi, bisa disesuaikan dengan luasnya kebun. Alat ini biasanya menggunakan bahan bakar minyak atau ada juga yang menggunakan baterai.

Garpu Garuk

Garpu garuk merupakan alat yang serba guna. Bisa untuk mengumpulkan daun-daun, sampah yang berserakkan. Selain itu bisa digunakan untuk menyingkirkan kerikil, menutup sisa rumput yang baru dicabut, meratakan pupuk, menolah tanah dsb.

Gembor

Gembor adalah peralatan berkebun yang fungsinya untuk menyiram tanaman. Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Biasanya terbuat dari plastic atau logam. Namun jika kebun Anda luas menggunakan alat ini akan merepotkan karena harus menggotong air yang berat, apalagi ukuran yang digunakan untuk kebun yang luas harus gembor yang besar.

Itulah beberapa peralatan berkebun dan fungsinya. Jika Anda sedang mencari peralatan tersebut bisa lihat di situs jual beli bukalapak kesayangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *