Home » Hobi ekstrim » Jenis – jenis Offroad

Jenis – jenis Offroad

Pada umumnya orang – orang mengenal hobi atau olahraga ini, ya itu – itu saja. Pokoknya hobi mengendarai kendaraan dengan medan tidak umum dilalui atau medan ekstrim. Benarkah? Ada benarnya memang tapi ternyata tidak sepenuhnya benar. Setidaknya ternyata offroad itu terdiri dari beberapa jenis. Walaupun memang sama – sama intinya menaklukan medan yang tidak biasa dilalui oleh kendaraan pada umumnya. Buat anda yang tertarik dengan hobi ini, ada baiknya anda mengenal jenis – jenis offroad sebelum terjun langsung. Jadi, setidaknya anda bisa menentukan mana yang lebih pas untuk anda geluti. Walaupun tidak sebagai professional tapi sebagai hobi saja.

Jenis – jenis Offroad

Jenis offroad berdasarkan medan yang dilalui

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada umumnya orang hanya tau offroad satu jenis saja. Ternyata hobi ini dibedakan jenisnya berdasarkan medan yang dilaluinya ternyata. Jenisnya apa saja, ini dia jenisnya :

  • Mudding

Nah ini jenis yang paling sering diketahui. Medannya tanah, lumpur yang dengan kondisi yang berat atau ektrim untuk dilalui. Belum lagi tanjakan dan turunannya yang seringkali curam. Kelebihannya adalah anda bisa sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Baca Juga:Offroad, Hobi Menantang yang Siap Membantu Sesama

  • DuneBashing Offroad

Nah kalau yang ini anda harus siapkan diri dalam kondisi panas terik yang ekstrim. Medannya adalah medan pasir seperti  gurun pasir misalnya. Letak kesulitannya adalah mengendalikan kendaraan di pasir yang cenderung tidak stabil, licin dan sulit dikendalikan.

  • Rock Crawing

Nah kalau ini medannya terjal. Medan yang harus dilalui adalah batu – batu besar. Anda dituntut untuk menaklukan batu – batu besar. Tentunya bukan resikonya cukup besar karena biasnya tingkat kesulitannya luar biasa. Diperlukan skill dan jam terbang yang cukup untuk menaklukannya. Untuk jenis ini ada kompetisinya tersendiri.

  • Rock Racing

Kalau ini juga ada kompetisinya. Medannya berbatu. Yang dituntut disini adalah kecepatan.

Jenis offroad berdasarkan tujuannya

Nah, kalau tadi bicara tentang medannya, sekarang bicara tentang tujuannya.  Artinya kegiatan atau hobi ini dilakukan atas dasar apa, tiu yang membedakan jenisnya.

  • Fun

Jenis ini lebih mengutamakan kesenangan atau hiburan atau wisata alam dengan medan yang tidak terlalu ekstrim walaupun tetap medan yang tidak umum dilalui. Biasanya sekedar masuk gunung atau bukit.

  • Speed

Jenis ini dimana olaharaga ini dilakukan untuk kompetisi yang penilainya berdasarkan kecepatan.

  • Ekstrim

Ini juga sifatnya untuk kompetisi dengan medan yang berat penuh tantangan. Keamanan sangat dibutuhkan dalam hal ini.

  • Adventure

Ini sifatnya untuk petualangan dengen medan yang relatif cukup berat.

  • Touring

Ini mirip dengan adventure tapi medannya lebih ringan.

  • Formula

Ini sifatnya kompetisi balapan dengan medan berpasir.

Nah, Selamat mencoba.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *