Home » Kerajinan Tangan » Jenis-Jenis Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia

Jenis-Jenis Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia

Indonesia memiliki budaya yang sangat tinggi, salah satunya adalah hasil kerajinan tangan. Dari sekian banyak kerajinan tangan, ada beberapa kerajinan yang identik dengan Indonesia, diantaranya akan kita bahas dalam artikel ini.

  • Kerajinan Batik

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Tidak sedikit para perancang busana internasional menjadikan batik sebagai inspirasinya. Ada banyak jenis batik di Indonesia, seperti: batik Solo, batik Pekalongan, batik Cirebon, batik Madura, batik Tasik, batik Jambi dan batik Kalimantan.

  • Kerajinan Wayang

Hasil kerajinan tangan lainnya bangsa Indonesia yang populer dan mendunia adalah wayang. Bahkan saking terkenalnya, membuat wayang diakui oleh UNESCO sebagai bagian dari budaya asli Indonesia. Ada beberapa jenis wayang, seperti: wayang kulit dari Jawa (Solo dan Yogjakarta) dan wayang golek dari Jawa Barat.

  • Kerajinan Ukiran Kayu

Hasil kerajinan ukiran kayu memiliki bentuk dan motif mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Ukiran kayu menghasilkan nilai estetika yang sangat tinggi. Selain itu nilai jualnya juga sangat fantastis, apalagi ukiran kayu kuno bisa dihargai sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Salah satu ukiran yang terkenal adalah ukiran jepara yang menggunakan bahan kayu jati asli. Selain Jepara, di Indonesia terdapat daerah-daerah sebagai penghasil kerajinan ukiran kayu, seperti: Garut, Yogjakarta, Kalimantan dan Papua.

Baca Juga:Kerajinan Tangan Bingkai Foto Menggunakan Botol Bekas

  • Kerajinan Tenun

Kerajinan kain tenun atau dikenal dengan sebutan kain songket adalah kerajinan khas Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara. Hasil tenunnya sangat indah dan banyak digemari oleh masyarakat di dunia. Ada yang menggunakan benang dari emas yang membuat kain terlihat sangat mewah dan eksotik.

  • Kerajinan Perak

Salah satu kerajinan Indonesia yang terkenal di mata dunia adalah kerajinan perak. Salah satu penghasil perak terkenal dan terbesar adalah di kota Yogjakarta, tepatnya di Kota Gede. Ada banyak jenis hiasan perak yang bisa Anda temui jika berkunjung ke kota gede, mulai dari perhiasan cincin, kalung, gelang, anting hingga benda-benda hiasan.

  • Kerajinan Kulit

Produksi kulit terkenal di Indonesia adalah di daerah Garut, Jawa Barat. Selain di Garut, masih banyak tempat produksi kulit lainnya yang terkenal seperti di Jombang, Cibaduyut Bandung, Yogjakarta dsb. Kerajinan kulit bisa diaplikasikan menjadi beragam jenis barang, terutama barang-barang fashion. Contohnya: sepatu, tas, jaket, kalung, gelang dsb. Ada beberapa jenis kulit yang bisa digunakan, bahan  kulit sintesis harganya lebih murah dibandingkan dengan harga kulit asli yang harganya lumayan sudah sangat mahal.

  • Anyaman

Anyaman adalah kerajinan yang terbuat dari bahan serutan bamboo atau rotan. Kerajinan ini berhasil menembus pasar dunia dan menjadi komoditi industry kerajinan yang diminati oleh masyarakat dunia. Daerah di Jawa Barat yang terkenal sebagai penghasil anyaman rotan adalah Cirebon dan Tasik.

Selain ke-7 jenis kerajinan tangan yang sudah disebutkan, masih banyak kerajinan lainnya yang mendunia, seperti: gerabah, batu, logam dan keramik.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *