Home » Hobi Menyehatkan » Jenis-Jenis Helm Sepeda Untuk Berbagai Kebutuhan

Jenis-Jenis Helm Sepeda Untuk Berbagai Kebutuhan

Saat menggunakan sepeda, penting untuk memperhatikan perlengkapan yang fungsinya sangat penting untuk menjaga keselamatan Anda saat bersepeda. Salah satu perlengkapan yang harus dimiliki adalah helm. Seperti halnya helm pengendara motor, helm sepeda fungsinya untuk melindungi kepada dari cidera jika terjatuhd ari sepeda.

Helm yang baik adalah yang dapat memberikan keseimbangan, keamanan dan memberikan kenyamanan. Sekarang sudah banyak inovasi helm sepeda yang tersedia di pasaran untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat bersepeda. Umumnya helm sepeda dilengkapi dengan bantalan yang membuat penggunanya nyaman dan bisa menyesuaikan agar pas saat digunakan.

Ukuran helm sangat penting, itu sebabnya disarankan memilih helm yang pas dengan ukuran kepala. Jadi sebelum membeli helm, ukur terlebih dulu lingkar kepala agar mendapatkan helm yang pas.  Berikut ini jenis-jenis helm untuk pengendara sepeda yang harus Anda ketahui.

Road

Helm jenis road dirancang khusus untuk mengendarai sepeda di jalan, walaupun bisa juga digunakan di tempat lain. Helm ini ringan dan memiliki ventilasi dan perlindungan yang memadai.

Aero Road

Helm ini merupakan kombinasi dari jenis helm time trial dengan helm vented road. Dirancang untuk memberikan kemudahan pengguna bergerak dengan leluasa. Bobotnya sangat ringan dan ukurannya kompak dan sangat aerodinamis.

Time Trial

Helm ini dirancang khusus bagi pembalap sepeda. Tujuan utamanya adalah memberikan fitur yang aerodinamis dan memberikan perlindungan saat memboseh sepeda dengan cepat.

Baca Juga: Dua Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Sepeda Gunung

Helm Sepeda Gunung

Helm ini khusus dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra, retensi dan memberikan ventilasi yang sempurna. Menggunakan helm ini sangat nyaman dan aman walaupun Anda menghadapi tantangan di medan off-road.

BMX

Helm BMX memiliki dua jenis desain utama, yaitu: full face dan open face. Untuk desain yang full face menawarkan perlindungan yang maksimal saat pengendara melakukan balapan sepeda atau saat melakukan atraksi yang ekstrim. Sedangkan helm yang desainnya open face atau skate style lebih banyak digunakan untuk pengendara BMX di jalanan datar atau off road.

Leisure

Helm leisure atau rekreasi memiliki tampilan terlihat begitu keren. Cocok untuk Anda yang bersepeda untuk rekreasi saja. Tetapi umumnya helm ini bobotnya tidak begitu ringan. Sekarang sudah tersedia helm leisure yang memiliki ventilasi maksimal dan dilengkapi dengan fitur balap.

Full Face

Helm ini menawarkan perlindungan yang maksimal. Bentuknya mirip seperti helm untuk pengendara motor. Cocok digunakan untuk balapan di jalanan yang menurun atau balapan off road. Helm full face menawarkan perlindungan eksta untuk bagian gigi, dagu dan pipi.

Kids And Youth

Seperti namanya, helm sepeda ini didesain khusus untuk anak-anak dan para remaja. Helm ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar dengan berbagai warna yang menarik. Selain itu terdapat helm yang dihiasi dengan gambar kartun yang membuat anak-anak ingin menggunakannya.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *