Home » Koleksi Barang » Jenis Boneka Kayu Dari Sunda

Jenis Boneka Kayu Dari Sunda

Ketika mendengar mengenai sunda, bukan hanya makanan yang telintas dipikiran kita. Tetapi ada satu kesenian yang juga cukup terkenal yang berasal dari tanah sunda. Boneka kayu atau yang sering disebut dengan wayang golek. Seni pertunjukan  wayang trimarta atau tiga dimensi ini sangat banyak dijumpai di wilayah jawa barat, mulai dari daerah Banten sampai Cirebon, atau bahkan daerah perbatasan dengan Jawa Tengah masih sering dipertunjukan kesenian ini.

Wayang golek sendiri merupakan sebuah tokoh pewayangan yang terbuat dari boneka kayu yang dicat sedemikian rupa, pertunjukan wayang golek biasanya digunakan sebagai media untuk bercerita, edukasi, ataupun sarana dakwah melalui kisah sejarah jawa, tentang islam, mahabharata, dan lain-lain. Pada masa sekarang ini, wayang golek sudah mulai termakan oleh modernisasi, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa wayang golek merupakan seni rakyat yang sangat penting dan memiliki nilai sejarah. Untuk mencintai budaya wayang golek kita perlu mengenal lebih jauh kesenian ini melalui sejarahnya.

Ada beberapa jenis wayang yang memang bisa kita kenal dan akan membuat kita jadi lebih mudah pastinya dalam menggunakan wayang ini. Berikut ini adalah beberapa jenis wayang yang bisa kita cari dan kita miliki juga antara lain:

  • Wayang Purwa, ini menjadi salah satu tampilan wayang yang juga banyak digunakan orang karena memang kisah yang dibawakan sudah tidak asing pada masyarakat. Kisah yang dihadirkan pada wayang ini biasanya seputar kisah di Jawa dan juga tidak jauh dengan agama islam yang memang akan menjadi salah satu kisah yang banyak diperbincangkan orang juga.
  • Wayang papak cepak, jenis wayang ini memang belum banyak dikenal orang karena memang wayang ini masih menampilkan kisah yang biasa saja dan juga biasanya kisah yang kuno. Sehingga tidak banyak orang yang tahu mengenai kisah wayang ini. Jangan khawatir karena memang dengan wayang ini juga penampilan akan tetap terlihat lebih baik.

Selama ini memang kita tidak selalu menyaksikan pertunjukan dari wayang ini, namun jika kita ingin melestarikan juga bisa dimulai dari hal-hal yang kecil seperti membeli koleksi dari wayang golek ini. Hal ini memang akan membuat kita juga bisa menularkan kecintaan akan kesenian ini kepada anak-anak kita yang memang belum banyak mengenal wayang ini. Jangan khawatir karena pastinya wayang ini juga akan memberikan nilai positif untuk anak-anak. Bahkan kita bisa mengajarkan anak kita untuk mulai bermain wayang ini yang memang akan menjadi salah satu nilai lebih. Ada beberapa jenis wayang juga yang saat ini bisa kita beli secara online dan juga pastinya kualitasnya tetap terbaik. Berikut ini adalah beberapa pilihan wayang ini antara lain:

  • Wayang bima klasik, untuk karakter yang satu ini juga cukup menarik, harga yang ditawarkan pada wayang ini sekitar 650 ribu.
  • Wayang cepot, jenis wayang ini memang menjadi jenis wayang yang paling banyak dijual dengan harga yang sangat bervariasi. Harga wayang ini mulai dari 200 ribuan.
  • Wayang sadewa, jenis wayang ini juga memiliki harga yang tidak terlalu mahal mulai dari 200 ribuan saja.
  • Wayang Pandawa, jenis wayang ini juga menjadi salah satu jenis wayang yang akan membuat mereka jadi suka dalam menggunakan wayang ini. Harga dari wayang ini juga mulai dari 270 ribu.
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *