Home » Koleksi Barang » Jenis Alat Musik Modern

Jenis Alat Musik Modern

Musik sangat erat kaitanya dengan seni. Musik adalah suatu hal yang menghibur orang dengan menggabungkan beragam nada, musik tercipta dari alat musik tertentu. Alat musik sangat banyak di jaman modern seperti saat ini, Alat musik adalah suatu alat yang digunakan atau dipakai untuk membuat nada yang indah dan merdu. Jenis alat musik ada alat musik tradisional dan ada alat musik modern. Banyak sekali di zaman sekarang alat musik yang diciptakan, dari zaman tradisional yang sampai sekarang masih dijaga keasliannya hingga diciptakannya alat-alat musik zaman modern. Dengan alat musik modern sekarang, suara yang dihasilkan bisa sangat bervariasi dan dapat menggunakan pengeras suara, sehingga dapat didengar langsung oleh banyak orang. Sebelum menyampaikan macam-macam alat musik modern ada baiknya kita memahami lebih dahulu apa itu pengertian dari alat music modern. Alat musik modern adalah alat yang bisa menghasilkan musik dan sudah mendapatkan sentuhan teknologi dalam pembuatannya. Alat musik modern dibagi berdasarkan cara memainkannya yaitu jenis alat musik modern dengan cara tiup, alat musik modern dg di pukul, alat musik petik, dan alat musik gesek.
Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik modern. Penyebutan modern pada alat musik ini dikarenakan bahan dasar pembuatannya dan kepopulerannya yang datang belakangan. Berikut ini contohnya:

  • Triangle

Triangle adalah salah satu alat musik ritmis modern berbentuk segitiga. Alat musik ini terbuat dari logam, baik baja maupun dari bahan logam lainnya dan diberi gantungan dari kawat atau nilon sebagai pegangan. Triangle berkerja dengan cara menghasilkan bunyi dari getaran seluruh badan instrument (idiofoni). Cara memainkannya yaitu dengan memukul sisi bagian dalam maupun luar triangle sehingga menghasilkan bunyi.

  • Harpa

Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harp adalah jenis alat musik petik. Seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat. Bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki senar. Biasanya berbentuk dasar segitiga. Sebuah harpa dapat dimainkan baik dengan tangan, ataupun dengan tangan dan kaki, seperti yang ditemui pada pedal harp. Harpa dapat dimainkan secara solo, atau bisa juga dalam bagian sebuah ensemble.

  • Akordeon

Menurut sejarah dunia, akordeon yang asli ternyata diciptakan pada tahun 1822 oleh seorang seniman berasal dari Berlin, Jerman, bernama Christian Fried. Lalu oleh Cyrill Demian pada tahun 1829 Akordeon tersebut baru dipatenkan. Lalu semakin lama semakin terkenal dan mulai dikenal di Inggris di tahun 1831. Pada awalnya akordian memang sudah memiliki tuts piano namun masih sangat sederhana dan tradisional. Lalu, lama kelamaan setelah ditemukan pengembangan piano yang lebih modern akhirnya akordeon saat ini memiliki tuts yang sama dengan tuts piano pada umumnya. Selain itu juga akordeon saat ini memiliki ketahanan dan kualitas suara yang lebih baik.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *