Home » Hewan Peliharaan » Inilah Syarat Memelihara Binatang yang Harus Diketahui Para Pemula

Inilah Syarat Memelihara Binatang yang Harus Diketahui Para Pemula

Memiliki binatang peliharaan di rumah tak diragukan lagi bisa memberikan Anda rasa riang dan menghilangkan stres atau penat akibat pekerjaan yang menumpuk di kantor. Namun karena binatang merupakan makhluk hidup dan bukanlah mainan, maka ada banyak konsekuensi yang juga harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memelihara binatangDi Indonesia sendiri kini ada banyak jenis binatang yang bisa dijadikan hewan peliharaan mulai dari kucing dan anjing yang telah lama hidup berdampingan dengan manusia, hingga hewan-hewan eksotik yang dulunya hanya hidup di hutan liar maupun di kebun binatang.

 Inilah Syarat Memelihara Binatang yang Harus Diketahui Para Pemula

Bagi pemula yang ingin mencoba untuk memelihara hewan di rumah, ada baiknya mengetahui persyaratan yang diperlukan agar Anda, keluarga dan hewan yang di adopsi bisa hidup dengan layak tanpa ada kebutuhan lain yang terganggu. Berikut ini adalah syarat-syarat untuk bisa memelihara hewan dengan baik dan layak.

  • Rasa kasih sayang.

Rasa kasih sayang merupakan syarat utama seseorang akan berhasil memeliharanya. Sangat aneh jika Anda tak menyukai kucing namun ingin memeliharanya, rasa sayang diperlukan sebagai landasan bagi siapa saja yang akan hidup berdampingan dengan makhluk lainnya. Dengan rasa sayang, Anda akan memiliki keinginan untuk memelihara hewan dengan baik dan layak serta memberikannya yang paling baik untuk makanan dan sebagainya.

  • Persetujuan keluarga.

Jika Anda akan memelihara binatang di lingkungan keluarga, maka persetujuan keluarga merupakan syarat yang penting. Sebaiknya tak memelihara hewan jika ada keluarga yang menentang karena nantinya hewan tersebut juga akan melakukan kontak baik secara langsung atau tidak dengan semua anggota keluarga. Negosiasikan dengan baik sehingga tercipta kesepakatan.

  • Kemampuan yang memadai.

Kemampuan di sini bisa dari berbagai bidang, salah satunya adalah kemampuan finansial. Hewan peliharaan akan membutuhkan makanan khusus, vitamin, vaksin dan kebutuhan lain seperti kandang dan sebagainya. Bahkan beberapa hewan memiliki kebutuhan sehari-hari yang terbilang melebihi harga kebutuhan sehari-hari manusia. selain itu Anda juga harus memiliki kemampuan dalam bidang waktu luang untuk mengajaknya bermain, membersihkan kandang, memberi makan, membawa ke dokter hewan dan sebagainya.

Selain persyaratan tersebut masih banyak lagi yang lainnya tergantung dari jenis hewan yang akan Anda pelihara. Contohnya adalah persyaratan untuk lingkungan misalnya burung yang memiliki kebutuhan untuk terbang, kucing yang membutuhkan lingkungan untuk berlari atau ikan dan kura-kura yang butuh lingkungan basah. Memelihara binatang juga tak selalu harus dilakukan secara intensif di rumah. Jika memang keluarga Anda tak mengijinkan adanya hewan peliharaan di rumah karena alasan kesehatan dan lainnya, maka Anda tak perlu berkecil hati karena dengan memberi makan hewan di jalanan atau yang sering berada di lingkungan rumah juga bisa dikategorikan sebagai pemeliharaan binatang. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *