Home » hobi » Inilah 4 Manfaat Menarik dari Bermain Basket yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Inilah 4 Manfaat Menarik dari Bermain Basket yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Beberapa orang menjadi sangat fanatik untuk bermain basket yang memang dikenal sebagai olahraga populer di seluruh dunia. Olahraga satu ini memang sangat terkenal dan disukai nyaris oleh semua orang yang juga mencintai kegiatan olahraga. Olahraga ini berbentuk permainan tim dan setiap tim terdiri atas lima pemain yang saling berlomba mencetak nilai dengan memasukan bola ke dalam ring. Ring ini berbentuk kecil dan posisinya di atas sehingga ketika melakukan tembakan mesti melompat sekitar 300 cm atau 10 kaki.

Inilah 4 Manfaat Menarik dari Bermain Basket yang Mungkin Belum Anda Ketahui 

Manfaat Menarik dari Olahraga Basket 

Semua kegiatan olahraga memang mendatangkan manfaat bagi kesehatan dan juga bentuk tubuh begitupun dengan basket. Adapun manfaat dari olahraga ini secara spesifik antara lain:

  • Membantu melatih seluruh otot tubuh,

Bermain olahraga basket memang menuntut Anda untuk bergerak dengan aktif dan berlari sepanjang permainan berlangsung. Kondisi ini memungkinkan seluruh otot tubuh untuk bergerak sehingga menjadi lebih kencang serta lentur pada saat bersamaan. Olahraga ini memang optimal dalam melatih otot pada kaki, betis, dan juga paha sehingga akan terbentuk dengan baik secara perlahan.

  • Efektif menurunkan berat badan,

Bermain bola basket memang diakui menyenangkan dan akan semakin terasa menyenangkan jika mengetahui efeknya pada berat badan. Anda yang memiliki PR menurunkan nyaris 10kg berat badan atau lebih tak perlu khawatir sebab bisa bermain basket secara teratur. Dijamin lebih seru dan menyenangkan untuk membakar tumpukan lemak berlebih di badan, sebab sekali bermain Anda bisa mengeluarkan kalori sekitar 700-750 kalori. Kalori yang cukup banyak ini tentu memberikan perubahan signifikan pada berat badan ketika rutin dilakukan semisal sekali dalam seminggu.

  • Membantu menjaga kesehatan jantung,

Basket merupakan permainan olahraga yang di dalamnya diwarnai oleh gerakan passing, dribbling, melempar, melompat, dan berbalik dengan cepat. Sehingga dengan ragam gerakan tersebut yang dilakukan berulang-ulang membuat basket menjadi latihan cardiovascular yang baik. Nantinya akan membuat tubuh bernafas dengan cepat sehingga efektif meningkatkan pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh efeknya bisa membuat jantung sehat dan kuat.

  • Mengatasi dan mencegah masalah hormonal pada wanita,

Masalah hormonal memang membuat para wanita sering cemas sebab bisa mempengaruhi vitalitas tubuh sampai ke siklus menstruasi yang kemudian berimbas pada kesehatan reproduksi. Oleh sebab itu dianjurkan bagi para wanita untuk memperbanyak olahraga yang melatih otot pada perut, dan menariknya basket termasuk di dalamnya. Basket membuat otot perut terlatih sepanjang permainan sehingga lebih kencang secara perlahan. Efeknya bisa membantu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh, sehingga menjadi tidak hanya bugar namun juga lebih sehat. maka atur jadwal bermain basket secara teratur untuk mendapatkan manfaat ini.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *