Home » Hewan Peliharaan » Ini Dia Berbagai Kebutuhan Kucing yang Perlu Dipersiapkan Oleh Para Pemiliknya

Ini Dia Berbagai Kebutuhan Kucing yang Perlu Dipersiapkan Oleh Para Pemiliknya

Memiliki hewan peliharaan di rumah akan memberikan suasana ceria yang selalu ditunggu-tunggu. Salah satu hewan peliharaan yang sering dijadikan teman adalah kucing yang sering disapa sebagai si manis. Si manis memiliki sifat manja yang pas untuk dipelihara baik oleh pria, wanita, anak-anak hingga para manula. Makanan si manis ini juga mudah didapatkan saat ini karena Anda bisa membelikannya makanan jadi buatan pabrikan atau makanan buatan sendiri yang sehat dan cukup. Namun selain makanan, ternyata hewan kecil lucu ini juga memerlukan kebutuhan lainnya agar ia bisa hidup dengan sehat dan layak. Bukan hanya untuknya namun juga untuk Anda dan keluarga yang memelihara. Bagi Anda yang baru ingin memelihara si manis, maka berikut ini adalah daftar kebutuhannya yang dapat Anda jadikan wawasan sebelum mengadopsi salah satunya:

Ini Dia Berbagai Kebutuhan Kucing yang Perlu Dipersiapkan Oleh Para Pemiliknya

  • Tempat makan dan minum.

Meski hewan, namun jika diajarkan tentang kedisiplinan dan keteraturan maka ia akan mengerti. Salah satu contohnya adalah dengan menyediakan makanan hanya pada tempat makan dan minum yang disediakan untuknya. Si manis tak akan makan sembarang yang bukan diberikan di wadah makan dan minumnya.

  • Tempat tidur yang hangat.

Memang si manis bisa tidur di mana saja, namun setidaknya berikan bantal khusus untuknya agar tidur dalam keadaan hangat. Hal ini juga diperlukan agar si manis tak mengganggu tidur Anda karena sudah memiliki tempat tidur favorit.

  • Litter box.

Litter box merupakan kebutuhan kucing yang harus ada di rumah. Litter box seperti toilet untuk si manis karena di sanalah ia akan membuang hajatnya. Meski terlihat jorok dan kotor namun pemiliknya harus rajin membersihkannya agar ruangan tak menjadi bau. Namun saat ini sudah banyak pasir dan litter box yang memberikan aroma wangi meski sudah digunakan. Buanglah besak pasir yang sudah kotor setidaknya sehari sekali agar si manis bisa menggunakannya kembali dan ruangan Anda tak menjadi bau.

  • Vaksin.

Si manis juga memerlukan perlakuan istimewa setidaknya ketika ia berada di usia muda. Vaksin diberikan pada kitten dengan rentang usia 2 – 3 bulan untuk vaksin awal dan usia 6-1 tahun untuk vaksin lanjutan.

Selain kebutuhan standar untuk kucing di atas, masih banyak lagi yang bisa Anda berikan untuk si manis seperti pakaian, kalung, shampoo grooming dan sebagainya. Yang paling penting adalah kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan pasir untuk kebutuhan BAB-nya. Berikan juga kasih sayang serta waktu khusus untuk bermain bersama, agar si manis merasa di sayangi dan dianggap sebagai salah satu keluarga. meski banyak ras yang ada di Indonesia, namun tak berarti Anda tak bisa menjadikannya lokal seekor binatang peliharaan yang lucu dan menyenangkan.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *