Home » Hobi Menyehatkan » Ini Dia 4 Manfaat Menarik Olahraga Diving Bagi Kesehatan

Ini Dia 4 Manfaat Menarik Olahraga Diving Bagi Kesehatan

Anda tentu kenal dengan olahraga diving atau menyelam, yang termasuk ke dalam salah satu jenis olahraga air. Banyak orang tertarik melakukan olahraga ini karena termasuk jenis olahraga yang juga menyenangkan, masuk ke air dan menikmati pemandangan di dalamnya. Biasanya olahraga menyelam ini dilakukan di laut lepas namun yang terbilang lumayan dangkal, terlebih untuk pemula. Akan tetapi bagi mereka yang sudah profesional biasanya akan memilih laut dalam tentunya dengan perlengkapan yang lebih sesuai agar keamanan selama di dasar laut tetap terjamin.

Ini Dia 4 Manfaat Menarik Olahraga Diving Bagi Kesehatan

Manfaat Olahraga Menyelam Bagi Kesehata

Olahraga air satu ini rupanya selain menyenangkan juga membantu menikmati sekian manfaat yang menguntungkan sehingga membuatnya semakin menggiurkan. Adapun manfaat yang ditawarkan antara lain:

  • Memperbaiki kesehatan pernafasan,

Menyelam membuat Anda bernafas dengan bantuan perlengkapan seperti tabung oksigen, yang tentu akan membuat sistem pernafasan melakukan adaptasi. Kegiatan dengan skema seperti ini rupanya bisa meningkatkan kesehatan sistem pernafasan, sehingga menjadi lebih lancar. Anda yang memiliki riwayat asma bisa mencoba terapi dengan menyelam yang tentu didampingi oleh ahlinya supaya pernafasan menjadi lebih lancar.

  • Melenturkan sekaligus menguatkan otot,

Tekanan dan tarikan yang berasal dari air membuat penyelam mampu memiliki otot yang lebih lentur, sehingga lebih mudah dalam bergerak. Sebelum rutin melakukan diving biasanya penyelam memiliki otot yang tidak lentur, namun karena olahraga ini dijalankan secara teratur. Manfaat tersebut pun bisa dirasakan dan ditambah lagi dengan kekuatan otot yang mengalami peningkatan. Sebab tekanan dari air juga membuat otot lebih kuat agar tetap bisa menyelam dengan baik selama berada di dalam air.

  • Melancarkan sistem peredaran darah,

Menyelam juga terbukti efektif melancarkan sistem peredaran darah, sebab menyelam bukanlah olahraga air yang sekedar masuk ke dalam air. Melainkan melakukan beragam gerakan di dalam air untuk sampai ke titik tertentu yang diinginkan. Gerakan di dalam air tentu lebih banyak tantangannya sebab ada tekanan dari air di sekitar. Apabila berhasil bergerak dengan leluasa maka tubuh sudah terbiasa dan sistem peredaran darah akan semakin lancar. Sebab tubuh lebih sering bergerak dengan tenaga maksimal selama menyelam, maka nikmati olahraga ini.

  • Menyehatkan jantung,

Sistem peredaran darah yang semakin lancar dan semakin membaik dari hari ke hari otomatis membuat jantung penyelam semakin sehat. Pasalnya dengan peredaran darah yang lancar dijamin jantung memompa darah dengan normal dan tidak perlu bekerja terlalu keras. Hasilnya jantung menjadi lebih sehat, dan sebuah study membuktikan teori ini ke dalam sebuah penelitian selama beberapa tahun. Penyelam biasanya memiliki resiko sangat tipis untuk terserang hipertensi, serangan jantung, dan sejenisnya. Maka mulailah mengatur jadwal diving agar manfaat ini dirasakan.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *