Home » Hobi Menyehatkan » Ini Dia 4 Bentuk Manfaat Ketika Anak Memainkan Mainan Tradisional

Ini Dia 4 Bentuk Manfaat Ketika Anak Memainkan Mainan Tradisional

Perlahan kepopuleran mainan tradisional mulai meredup bahkan anak-anak yang terlahir di zaman digital pun tidak lagi mengenalnya. Mereka sudah terlebih dahulu jatuh cinta dengan mainan berbau teknologi baik dari gadget maupun mainan yang memakai sistem pengendali jarak jauh. Padahal, memperkenalkan mainan khas daerah kepada buah hati bukanlah tindakan keliru dan kolot melainkan sebaliknya. Pasalnya mainan zaman sekarang cenderung boros dan minim manfaat, satu-satunya manfaat yang diberikan hanyalah membuat anak senang. Padahal anak bisa senang banyak caranya tidak melulu dengan mainan mahal.

Manfaat Mainan Khas Daerah Bagi Anak-anak

Membuat anak mengenal dan masih asyik memainkan mainan khas daerah ternyata bisa memberikan efek positif yang berlimpah. Pasalnya mainan khas satu ini menawarkan berbagai manfaat yang tidak diberikan oleh mainan modern seperti sekarang, diantaranya adalah:

  • Mengajak anak untuk bersosialisasi,

Permainan ataupun mainan yang sifatnya tradisional kerap melibatkan beberapa anak, sebab jarang yang bisa dimainkan secara tunggal. Sehingga anak-anak sejak usia dini sudah terbiasa bersosialisasi dan punya rasa empati pada teman-temanya. Tentunya sangat berbeda dengan mainan zaman sekarang, umumnya dimainkan secara tunggal dan memberi efek candu sehingga anak anti sosial

  • Bermain sembari berolahraga,

Berbagai jenis mainan tradisional lebih seru dan memang cocok dimainkan di luar ruangan, semisal di tengah lapangan bola. Selain mengajak anak untuk mengenal teman satu kompleks juga membuat mereka melakukan gerakan fisik. Bisa diartikan bahwa memainkan mainan yang tradisional ini membuat mereka sekaligus melakukan olahraga. Entah berlari, mengasah kekuatan tangan dan kaki, dan lain sebagainya. Jika anak-anak sudah banyak bergerak maka tubuh mereka semakin sehat dan tumbuh kembangnya pun dijamin maksimal

  • Menghindari efek buruk bagi kesehatan,

Beberapa mainan modern meninggalkan efek buruk bagi kesehatan maupun psikologis anak, sehingga kurang aman jika dimainkan terlalu lama dan terlalu sering. Misalnya saja bermain game di depan layar gadget selain memberikan efek candu sehingga sulit untuk diajak melakukan kegiatan lain. Permainan ini pun bisa meninggalkan resiko radiasi dari layar gadget, tanpa pelindung perlahan mata anak akan bermasalah. Berbeda dengan mainan daerah yang dijamin bebas radiasi dan bahkan selalu ingat waktu.

  • Meningkatkan kreatifitas anak-anak,

Beberapa mainan khas daerah perlu dibuat dulu dari beberapa bahan, misalnya hendak membuat mobil-mobilan maka perlu menyiapkan bahan-bahannya dulu. Adanya kebutuhan untuk merangkai dari bahan kaleng tidak terpakai dan sebagainya menjadi bentuk mainan mobil. Tentu akan mengasah kreatifitas anak sehingga memiliki pemahaman menjadikan suatu barang tidak berguna menjadi lebih berguna. Mereka akan lebih paham bagaimana memanfaatkan apapun di sekitarnya, sehingga tidak menghasilkan sampah malah mengolahnya kembali menjadi mainan tradisional yang seru dan mengasyikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *