Home » Hobi ekstrim » Ini Daftar Perlengkapan Ski yang Harus Anda Tahu Sebelum Bermain

Ini Daftar Perlengkapan Ski yang Harus Anda Tahu Sebelum Bermain

Tidak aktivitas berolahraga yang biasanya dilakukan di salju karena berbagai macam faktor dan salah satunya adalah karena udara yang dingin, namun, Anda tetap bisa melakukan olahraga ski di salju. Olahraga ini tidak begitu diminati di Indonesia karena di Indonesia sendiri memiliki iklim yang tropis. Olahraga yang bisa dilakukan di tempat bersalju misalnya di Jepang atau di Korea Selatan. Untuk melakukan olahraga tersebut, Anda harus mengetahui dan mempersiapkan peralatan berikut ini.

 Ini Daftar Perlengkapan Ski yang Harus Anda Tahu Sebelum Bermain

Pertama adalah board atau papan. Ada papan yang bisa digunakan untuk masing-masing kaki dan ada yang digunakan untuk kedua kaki. Jika menggunakan papan yang dipasang di masing-masing maka Anda butuh tongkat untuk mendorong pergerakan Anda saat berolahraga di salju tersebut. Ukuran dari papan tersebut bermacam-macam dan umumnya papan tersebut memiliki tinggi hingga sebatas ukuran hidung Anda. Binding dapat di stel berdasarkan pada berat badan dan tinggi Anda. Karena hal tersebut, saat Anda hendak meminjam papan tersebut, akan ditanya dahulu berat badan dan juga tinggi untuk menentukan papan yang tepat untuk Anda sehingga resiko hal yang tidak diinginkan misalnya terjadi kecelakaan parah.

Kedua adalah sepatu. Sepatu yang dipergunakan untuk bermain ski ini memiliki bobot yang cukup berat sehingga susah untuk digunakan berjalan apalagi Anda baru pertama kali menggunakannya. Sepatu ini di design khusus sehingga bisa menyatu dengan binding dan mengunci kaki Anda agar Anda lebih mudah menggerakkan papan saat berolahraga di salju tersebut. Sepatu ini memiliki design dengan bagian luar yang keras, lembut di bagian dalam dan memiliki ketinggian hingga betis bawah.

 Baca Juga:4 Tips Tepat untuk Bermain Ski Bagi Pemula

Sepatu yang jika digunakan pertama kali bisa membuat kaki Anda pegal dan sakit karena belum terbiasa ini memiliki ukuran yang pas di kaki Anda sehingga nyaman digunakan. Karena hal tersebut, Anda harus mengukur kaki Anda terlebih dahulu dan untuk mencobanya, pastikan jika Anda menggunakan kaos kaki musim dingin yang tebal. Jika Anda memilih sepatu yang ukurannya terlalu kecil maka bisa menyebabkan kaki Anda menjadi sakit. Sedangkan jika sepatunya terlalu besar atau longgar akan membuat Anda tidak nyaman. Jadi, jangan sungkan meminta atau mengganti sepatu sesuai dengan ukuran yang pas di kaki Anda.

Ketiga adalah tongkat. Perlengkapan untuk ski ini termasuk perlengkapan yang optional. Bahkan tidak jarang untuk seorang pemula tidak disarankan menggunakan tongkat karena justru hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi saat belajar menjaga keseimbangan badan saat berada di papan. Akan tetapi, tongkat ini justru bisa menjadi pilihan Anda jika Anda masih takut untuk belajar. Di tempat persewaan biasanya, tongkat ini akan disewakan sepaket dengan sepatu dan papannya. Namun, jangan lupa gunakan baju yang hangat agar Anda tetap nyaman melakukan olahraga di salju dengan suhu yang dingin.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *