Home » Hewan Peliharaan » Ingin Memelihara Binatang? Berikut Rekomendasi Hewan Lucu yang Bisa Anda Pilih

Ingin Memelihara Binatang? Berikut Rekomendasi Hewan Lucu yang Bisa Anda Pilih

Terkadang, untuk menghilangkan kebosanan dan menyalurkan hobi yang bermanfaat sebagian orang memilih untuk memelihara binatang. Kegiatan ini memang begitu menyenangkan apalagi jika binatang yang Anda pelihara adalah binatang yang lucu dan menggemaskan. Umumnya, Anda bisa memilih jenis binatang apa yang akan Anda pelihara sesuai dengan kebutuhan dan beberapa pertimbangan lainnya yaitu luas tempat tinggal Anda, kesulitan dalam pemeliharaan, kemampuan binatang yang akan Anda pelihara dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, dan masih banyak lagi.  Berikut beberapa rekomendasi binatang yang bisa Anda pilih untuk diadopsi dan dirawat di rumah.

Ingin Memelihara Binatang? Berikut Rekomendasi Hewan Lucu yang Bisa Anda Pilih

  • Kura-Kura

Binatang yang satu ini memang tergolong lucu jika Anda jadikan sebagai peliharaan. Memelihara binatang ini tidak membutuhkan banyak tempat dan memiliki biaya perawatan yang cukup terjangkau. Yang paling sering dijadikan sebagai peliharaan adalah kura-kura air tawar. Anda bisa menggunakan akuarium kecil dengan sedikit air di dalamnya. Binatang ini biasanya cukup diberi makanan pelet. Jangan lupa rutin mengganti air agar ia tidak terserang penyakit.

  • Hamster

Salah satu binatang mungil yang masuk ke dalam kategori pengerat ini memang begitu lucu dan menggemaskan untuk Anda pelihara. Ia tidak membutuhkan tempat khusus seperti pekarangan, Anda bisa merawatnya di dalam kotak serta tidak perlu memandikannya, cukup dengan mengganti pasir dengan pasir wangi yang sudah banyak dijual di toko khusus binatang. Memelihara binatang yang satu ini tidak membutuhkan banyak makanan apalagi harganya yang tergolong terjangkau. Hanya saja Anda harus memeliharanya sepasang agar tidak stres.

  • Ikan Hias

Banyak sekali rumah yang memiliki binatang yang satu ini untuk dipelihara. Anda bisa menggunakan akuarium kecil untuk memelihara ikan badut dan ikan-ikan kecil lainnya namun akan berbeda jika yang Anda pelihara adalah ikan arwana ataupun koi, ia membutuhkan tempat yang lebih luas. Jika dibandingkan, memelihara binatang di dalam akuarium lebih terjangkau dibandingkan dengan memeliharanya di dalam kolam besar. Dengan meletakkan ikan-ikan hias ini di dalam akuarium bisa menjadi salah satu terapi penghilang stres yang patut Anda coba.

  • Anjing

Binatang peliharaan yang satu ini memiliki karakteristik yaitu cerdas. Pastilah hal ini membuat banyak pecinta binatang ingin memeliharanya. Namun, untuk bisa memaksimalkan kecerdasan anjing Anda membutuhkan usaha yang cukup banyak. Guna memelihara binatang ini Anda diharuskan memiliki pekarangan yang cukup luas untuk menempatkan hewan yang satu ini mengingat anjing bukanlah binatang yang bisa berdiam diri. Ia harus diberi makanan khusus dan harus menjalani vaksinasi dalam kurun waktu tertentu.

  • Kucing

Sebagai binatang yang paling banyak disukai masyarakat umum, ia membutuhkan perawatan yang lebih sulit jika dibandingkan dengan peliharaan-peliharaan lainnya. Anda harus menyediakan tempat yang luas karena binatang ini lebih suka berjalan-jalan dari pada di letakkan di dalam kandang. Makanan yang akan Anda berikan kepada kucing juga harus diperhatikan agar kesehatannya tetap terjaga. Secara keseluruhan memelihara binatang lucu dan menggemaskan ini gampang-gampang sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *