Home » Koleksi Barang » Ingin Jadi Kolektor Action Pigure? Ikuti Tips Jitu Memilih Mainannya

Ingin Jadi Kolektor Action Pigure? Ikuti Tips Jitu Memilih Mainannya

Action pigure adalah mainan dengan bentuk karakter mini, tampil dengan pose tertentu sesuai dengan karakter pigure itu sendiri. Biasanya pigurenya adalah karakter yang ada di film, komik, anime dan karakter di video game.

Pada dasarnya action pigure adalah mainan, namun sekarang berkembang menjadi barang koleksi menjadi sarana investasi. Bahkan tidak sedikit kolektor di kalangan remaja dan orang dewasa rela merogoh banyak kocek.

Bagi Anda yang ingin mengikuti hobi mengumpulkan karakter pigure, sebaiknya ikuti tips berikut ini agar tidak bingung dan tertipu. Karena mainan ini bukan jenis mainan yang mudah ditemukan di toko-toko mainan. Walaupun termasuk jenis langka, namun masih ada toko yang menjualnya. Langsung saja simak tipsnya berikut ini:

Pelajari Jenis-Jenis Mainan Yang Anda Suka Dan Sesuaikan Dengan Budget

Sebelum mulai mencari dan membeli mainan, sebaiknya lihat dan pelajari jenis mainan karakter pigure. Mulai dari bahan, cat, detail hingga harganya. Ada banyak pilihan mainan karakter pigure yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari karakternya hingga harga yang ditawarkan. Perbedaan harga biasanya karena faktor bahan, detail dan bentuknya. Jika budget Anda terbatas bisa pilih jenis karakter pigure yang harganya murah.

Pilih Antara Produk Baru Dengan Yang Lama

Biasanya mainan karakter pigure yang baru harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis karakter/ mainan lama. Apalagi jika mainan lawas tersebut termasuk ke dalam mainan yang sudah langka. Walaupun pada waktu beli harganya murah, jika dianggap sebagai karakter pigure yang langka harganya bisa tinggi jika dibeli oleh tangan kolektor.

Baca Juga: Tips Berburu dan Merawat Action Figures

Perhatikan Ukuran Dan Spesifikasi

Saat membeli mainan karakter pigure, penting memilih ukuran dan spesifikasinya. Jenis mainan ini tersedia dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Selain itu perhatikan detail mainan. Mainan yang memiliki detail yang tinggi mempengaruhi nilai harganya.

Perawatan Berkala

Untuk mempertahankan dan menjaga nilai mainan, penting untuk melakukan perawatan secara rutin. Periksa bagian mainan, jika terdapat kerusakan segera perbaiki. Cara membersihkannya bisa menggunakan kain basah dan kering. Atau bisa juga menggunakan vacuum cleaner kecil untuk membersihkannya.

Selain membersihkan dengan teratur, menyimpan koleksi harus menjadi perhatian. Hindari menyimpan mainan di tempat yang terkena matahari langsung. Sinar matahari bisa membuat warna menjadi pudar. Lebih baik mainan dipajang ditempatnya, jangan terlalu sering dimainkan karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan, cat mengelupas atau bahannya yang rusak.

Jika tujuan Anda mengumpulkan mainan untuk investasi bisa menyimpannya tanpa mengeluarkan mainan dari tempatnya. Anda bisa langsung memanjang mainan beserta kemasannya. Jika sewaktu-waktu ingin menjual action pigure tersebut, Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi karena kondisinya masih terjaga dengan baik.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *