Home Hewan Peliharaan Ini Ragam Ikan Hias yang Cocok Dipelihara di Rumah!

Ini Ragam Ikan Hias yang Cocok Dipelihara di Rumah!

by Erin Nuzulia
ikan hias

Salah satu hobi yang bisa dipilih untuk menghilangkan stres adalah memelihara ikan hias. Memelihara  ikan hias bisa membuat pikiran menjadi lebih ringan karena melihat keindahan dan liukan gerakan berenangnya. Beberapa jenis ikan hias mudah perawatannya. Apalagi dengan kecanggihan teknologi akuarium saat ini, pembersihan pun juga semakin mudah. Namun ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli, Anda mengetahui jenis ikan hias yang populer untuk dipelihara. Berikut daftarnya.

Ini Ragam Ikan Hias yang Cocok Dipelihara di Rumah!

Ikan Mas Koki

Sejak dulu, ikan maskoki (Carassius auratus) adalah ikan yang paling banyak dipelihara di akuarium. Ikan ini merupakan ikan air tawar yang memiliki warna cerah. Ikan ini sangat lucu karena bentuk badannya yang pendek dengan perut yang mengembang. Matanya besar hampir menonjol keluar dan juga ekor yang melambai lambai seperti tisu.

ikan hias

Ikan Arwana

Ikan arwana (Sclerophages formous) ini cukup banyak penggemarnya. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan sisik besar yang berwarna mengkilat cantik. Ikan arwana memiliki banyak warna di tubuhnya. Warna yang sering dicari antara lain ikan arwana super red, ikan arwana silver, dan ikan arwana golden red. Harganya pun bervariasi bergantung dari warna dan ukuran tubuhnya. Jangan salah, ikan ini berharga hingga jutaan rupiah lho!

Ikan Cupang

Ikan hias yang paling mudah perawatannya adalah ikan cupang (Beta splendens). Ikan ini memiliki warna tubuh yang berwarna warni menarik. Ragam warna tersebut antara lain merah, biru, kuning, hijau dan lain sebagainya. Siripnya panjang menjuntai membuat gerakan tiap renang menjadi sangat menarik. Ikan cupang ini bisa ditempatkan di akuarium yang tanpa oksigen. Namun ada baiknya untuk tidak meletakkan ikan cupang lain dalam satu tempat karena ikan ini akang saling menyerang.

Baca Juga:  5 Hewan Cantik yang Menarik Untuk Dipelihara Pecinta Reptil

Ikan Louhan

Beberapa tahun lalu, ikan louhan sempat menjadi tren di kalangan pecinta ikan. Ikan hias air tawar ini memiliki keunikan tersendiri karena adanya ciri khas benjolan di kepala yang biasanya berwarna merah cerah. Selain itu, pada bagian tubuhnya terdapat bercak kehitaman yang sering dianggap sebuah tulisan mandarin yang memiliki arti tertentu. Semakin bercak tersebut bisa terbaca menjadi sebuah manka tertentu, semakin mahal harga yang ditawarkan. Namun kini popularitas ikan louhan tampaknya mulai meredup.

Ikan Koi

Jika dari tadi kita membahas ikan yang bisa diletakkan di akuarium, kini kita membahas ikan yang harus diletakkan di kolam. Adalah ikan koi yang memang habitatnya harus di kolam dan ruangan terbuka. Ikan koi tidak bisa dipelihara di akuarium karena rawan stres. Ikan ini memang mudah stres, sehingga juga rawan mati. Ikan koi sendiri termasuk salah satu ikan yang favorit untuk dipelihara karena warnanya yang menarik. Ikan koi memiliki warna yang sangat beragam. Ada yang hanya memiliki satu warna di tubuhnya, namun banyak pula yang memiliki lebih dari 3 warna corak di tubuh ikan koi. Ikan ini bila dipelihara dengan baik, bisa berusia panjang dan berukuran tubuh besar. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah bergantung dari corak dan ukuran tubuhnya.

ikan hias

Clown Fish

Clown fish terkenal karena menjadi tokoh Nemo dalam film Finding Nemo. Habitat asli ikan ini berada di air laut, sehingga sebenarnya, ikan ini tidak cocok dipelihara di ekosistem kolam ataupun akuarium. Meski demikian, akuarium kini juga bisa diatur hingga menyerupai keadaan dalam laut. Ikan ini memiliki ciri khas badan bermotif garis garis berwarna oranye putih. Memang sangat menarik untuk dipelihara.

Baca Juga:  Mengenal Berbagai Jenis Luwak Peliharaan yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More