Home » Peluang Bisnis » Ide Usaha Konvensional dan Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Ide Usaha Konvensional dan Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Ada banyak mahasiswa dan pelajar yang berada dalam kondisi membutuhkan uang tambahan akhirnya bekerja atau menjalankan usaha. Ada banyak ide usaha yang bisa dijalankan oleh mahasiswa dan pelajar tanpa mengganggu waktu belajar, salah satunya adalah menjual pakaian dan asesoris.

Usaha Jual Pakaian dan Asesoris

Biasanya remaja selalu memperhatikan gaya penampilannya dan sedang menyukai dunia fashion agar lebih fashionable. Kondisi tersebut bisa menjadi peluang usaha menjual pakaian dan asesoris untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu waktu belajarmu.

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih jika menjalankan bisnis ini yaitu:

  1. Menjalankan bisnis secara offline atau dengan cara konvensional. Cara bisnis konvensional yang tidak membutuhkan modal besar adalah dengan cara menawarkan langsung barang yang dijual.
  2. Menjalankan bisnis secara online adalah cara menjalankan bisnis yang sekarang banyak dipilih, karena bisnis online lebih praktis dan simple. Anda tidak perlu membawa semua barang ke kampus atau ke sekolah, caranya tinggal mempromosikan barang yang dijual melalui internet. Cara ini lebih membuka calon pembeli, tidak terbatas kawan-kawan saja namun bisa siapapun.
  3. Menjalankan bisnis offline dan online adalah gabungan kedua cara menjalankan bisnis. Cara ini bisa Anda lakukan, jika calon-calon pembeli adalah tipe orang yang tidak menyukai belanja online.

Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan yang Berpotensi Memberikan Keuntungan Besar

Modal Bisnis Jualan Pakaian dan Asesoris

Jika Anda sudah mantap menjalankan ide usaha jualan pakaian dan asesoris dengan cara online, pertama-tama siapkan 2 modal dasar yang harus dimiliki, yaitu:

  1. Perangkat yang akan digunakan. Anda bisa memilih komputer atau laptop. Jika Anda tidak memiliki perangkat tersebut bisa gunakan smartphone android milik Anda.
  2. Jaringan internet yang terkoneksi ke perangkat yang digunakan.

Jika sudah siap dengan kedua modal tersebut, siapkan langkah ide usaha selanjutnya yaitu: menentukan media apa yang akan digunakan sebagai sarana publikasi/ promosi. Ada beberapa media promosi yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Memanfaatkan website / situs jual beli online. Sekarang sudah banyak situs jual beli yang menyediakan lapak secara gratis. Pastikan website yang dipilih adalah web yang terpercaya. Anda bisa mengetahui kualitas website / situs jual beli dengan cara mencari informasi dari pembeli dan penjual yang juga menggunakan media website/ situs yang Anda pilih.

Selain itu, Anda bisa mengetahui web/situs terpecaya dengan mencari testimoni pembeli. Biasanya dicantumkan dikolom komentar pada halaman web/situs.

  • Manfaatkan akun media sosial. Sekarang ada banyak media sosial, seperti: instagram, facebook, twitter, path, bbm, whatsapp, beetalk sebagai media promosi produk/ barang yang dijual.

Demikian pembahasan singkat mengenai ide usaha menjual pakaian dan asesoris untuk pelajar dan mahasiswa. Semoga bermanfaat!

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *