Home » Mainan » Helikopter RC atau Remote Control

Helikopter RC atau Remote Control

Helikopter rc atau remote control adalah mainan helikopter yang bisa terbang serta dikendalikan oleh suatu transmitter dari jarak tertentu. Cara kerja transmitter mirip dengan remote control untuk mengendalikan saluran/channel TV. Transmitter berfungsi sebagai pemancar gelombang radio dgn frekuensi tertentu, dan perangkat penerimanya (receiver)  ada didalam body heli. Gerakan terbang helikopter remote control didapat dari rotor bertenaga baterai kering sebesar 3,5 – 12 volt. Tapi ada juga yang memakai motor bakar sebagai sumber tenaga penggerak rotor. Rotor terhubung dengan baling-baling yang didesain khusus agar ketika berputar dengan kecepatan tinggi, bisa memberikan gaya keatas melebihi beban total pesawat heli serta memberikan tenaga akselerasi.

Beberapa macam jenis mainan Helikopter RC, antara lain :

  • Helicopter 2CH

Untuk Rc helicopter 2 CH, rotor utamanya berjumlah dua buah, satu berada didepan berfungsi sebagai penggerak utama, serta satunya lagi terdapat pada bagian ekor helicopter. Makanya disebut helikopter remote control 2CH.

  • Helicopter 3 CH

Disebut pesawat helikopter remote control 3CH karena ia memiliki 3 arah gerakan, yaitu : naik-turun, belok kiri-kanan dan maju-mundur. Berbeda dengan tipe 2CH, helikopter ini hanya dapat bergerah dalam 2 arah saja, yaitu: naik-turun, dan belok kiri-kanan saja. Cara kerja helikopter remote control 3CH diadaptasi dari pesawat heli model egg beater. Dimana terdapat 2 bilah baling-baling utama dalam 1 rotor, berukuran sama dan terletak dibagian depan pesawat.

  • Posisi bilah baling-baling utama yang satu berada sejajar diatas baling-baling lainnya, tapi arah putarannya berlawanan. Hal ini bertujuan saling menyeimbangkan gaya torsi yg ditimbulkan diantara kedua baling-baling tsb, sehingga Rc helikopter bisa terbang turun-naik dengan lembut.
  • Adapun untuk gerakan ke-2 yaitu belok kiri-kanan dengan cara menciptakan perbedaan besar torsi diantara kedua bilah baling-baling utama.
  • Dan untuk gerakan maju-mundur helikopter remote control yaitu menggunakan baling-baling ke 3 yang terletak pada bagian ekor. Posisi bilah baling-baling dipasang secara horizontal. Kalau dipasang verikal nantinya malah naik-turun bukannya maju-mundur.

    Baca Juga: Games Terbaru Sekedar Untuk Mengikuti Trend

Tidak terlalu sulit untuk merawat baterai mainan RC supaya awet tahan lama. Hal terpenting yg perlu diperhatikan dalam perawatan adalah cara menggunakannya serta bagaimana menyimpan baterai helikopter atau mobil remote control dilakukan dengan baik dan benar. Sebab kalau tidak, mungkin dalam beberapa bulan saja, jadi rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Kerusakan baterai biasanya disebabkan:

  • karena oksidasi sel, yang terjadi secara alami selama penggunaan
  • Akibat Sulfasi. sehingga muncul lapisan tipis yang terbentuk pada pelat sel negatif, yg menghambat aliran arus.
  • Terbentuknya jaringan korosi dalam pada plat positif.

Oleh karena itu, untuk memelihara atau merawat baterai mainan RC baik itu Li-ion, NiCd, NiMH atau Li-Po, disarankan :

  1. Simpanlah baterai pada suatu tempat yang suhunya 15°C. Tingkat suhu paling ekstrim yg diijinkan adalah antara -40°C – 50°C
  2. Jangan nge-charge hingga suhunya melebihi 71°C, atau baterai meledak.
  3. Selalu Re-charge dulu baterai sebelum disimpan hingga 50% dari SoC
  4. Istirahatkan dulu baterai selama kira-kira 1,5 jam sebelum digunakan
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *