Home » Mainan » Helicopter Remote Control Bagi Pemula

Helicopter Remote Control Bagi Pemula

Helicopter Remote Control merupakan mainan anak-anak yang saat ini banyak diminati oleh orang dewasa juga. Karena bentuknya yang unik layaknya heli sungguhan, membuat kita ingin rasanya segera memilikinya. Saat ini Helicopter RC sudah banyak beredar dipasaran dengan model yang bermacam-macam juga. Sebagai pemula yang ingin memainkan helicopter rc ini, ada baiknya anda menyimak terlebih dahulu beberapa spek helicopter rc yang cocok untuk pemula :

  • Double blade atau Single blade

Double blade yaitu heli yang mempunyai dua baling-baling yaitu baling-baling atas dan bawah, sangat stabil dan mudah dimainkan serta cocok untuk didalam ruangan (indoor) karena heli jenis double blade ini tidak tahan apabila terkena angin jadi kurang cocok untuk dimainkan diluar ruangan (outdoor).

Sedangkan Single blade yaitu heli yang hanya memiliki satu baling-baling saja. Kelebihannya heli jenis ini kuat menahan angin, jadi cocok untuk dimainkan diluar ruangan (outdoor). Kekurangan heli single blade ini agak sulit dimainkan jadi membutuhkan latihan untuk memainkannya. Untuk pemula disarankan memilih jenis Double blade saja karena jenis ini tidak sulit untuk dimainkan.

  • Channel

Berikut perbedaan RC Helicopter menurut jumlah channel (ch)

2 ch : naik/turun, putar kiri/kanan

3 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur

4 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur, kesamping kiri/kanan

6 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur, kesamping kiri/kanan, terbang terbalik 

Untuk 3.5 channel atau 5 channel biasanya hanya ada penambahan lampu yang bisa dihidup matikan dari remote control atau dual speed. Saran untuk pemula sebaiknya memilih 3 ch atau 4 ch, karena lebih mudah dikendalikan dan biasanya semakin tinggi channelnya akan semakin mahal harganya.

  • Gyroscope atau non Gyroscope

Gyroscope adalah komponen yang bertugas mengatur kestabilan heli, dan rata2 heli yang keluar sekarang sudah dilengkapi gyroscope system sehingga lebih mudah dikendalikan.

  • Mini, Medium, atau Big size

Pilihan mini, medium atau big size tergantung dana dan juga tempat memainkan helinya, yang jelas semakin besar helinya harganya juga semakin mahal, dan ruangan tempat memainkannya juga sesuai dengan helinya.

Selain spek helicopter rc yang harus anda perhatikan. Para pemain pemula juga ada baiknya memperhatikan kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada helicopter rc ini. Kerusakan tersebut diantaranya adalah : kecepatan rpm berkurang, Dinamo lemah, baterai sudah lemah sehingga ampere tidak mencukupi untuk daya motor, Transistor untuk menggerakan motor pada pcb sudah lemah karena panas dan Kabel pada baterai panas karena motor atau dinamo rusak sehingga tidak full memberikan daya pada pcb RC Helicopter.

Sudah siap memulai hobby baru memainkan helicopter rc? Selamat bermain

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *