Home » Koleksi Barang » Harga Action Figure

Harga Action Figure

Harga Action FigureIstilah action figure masih terasa asing bagi kebanyakan orang. Pasarnya sendiri cukup segmented, tapi sebenarnya punya cakupan cukup luas, baik secara geografis dan demografis. Memajang atau mengoleksi action figure bisa jadi adalah bentuk apresiasi tertinggi bagi tokoh atau karakter tertentu, baik fiksi maupun nonfiksi. Suatu action figure dibuat berdasarkan tokoh atau karakter tertentu, bisa berasal dari film, komik, game, dan lain-lain. Intinya setiap karakter bisa dibuatkan action figure-nya, bahkan termasuk diri Anda sendiri sebagai karakter. Bentuk dan jenisnya ada bermacam-macam, mulai dari manusia, robot, sampai karakter-karakter unik lain seperti alien, monster, dan superhero. Biasanya action figure dibuat dari bahan plastik, clay, karet, atau campuran dari semua bahan tersebut. Tergantung dari bahannya, action figure juga memerlukan cat jenis tertentu, dan suatu lapisan pelindung cat supaya tahan lama dan tahan gores.

Pada dasarnya suatu action figure bisa digerak-gerakkan. Karena bisa digerakkan itulah makanya disebut “action”–figure. Tapi, ada juga jenis figure yang tidak bisa diposekan dan hanya untuk ditaruh atau dipajang saja. Figure seperti ini kebanyakan termasuk ke dalam kategori patung (statue).

Action figure sering dikategorikan sebagai produk mainan atau bahkan boneka. Tentunya para kolektor sendiri tidak akan menyebut koleksinya sebagai boneka atau mainan. Action figure merupakan produk yang cukup unik dan bisa dimasukkan ke dalam kategori barang mainan sekaligus hobi. Ini karena action figure sendiri bukan ditujukan khusus untuk dimainkan, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa dimainkan jika diinginkan. Produk action figure dalam suatu industri mainan dan hobi sangatlah luas. Jenisnya sangat beragam dan sulit dikategorikan secara gamblang. Ini karena beragamnya bahan yang digunakan, karakter yang diadopsi, serta skala yang dipakai, seberapa jauh suatu figure bisa digerakkan atau diposekan, dan lain-lain.

Baca Juga: Jenis-Jenis Action Figures

Pada beberapa kasus, saking populernya suatu action figure, maka produk tersebut bisa menjadi buruan terus-menerus oleh kalangan konsumen tertentu. Biasanya para kolektor yang tergabung dalam suatu komunitas bisa memahami mana saja action figure yang berpotensi menjadi langka di kemudian hari dan harga action figure akan meroket. Semakin langka dan semakin sulit dicari, maka harganya akan semakin emosional—ada kolektor yang bersedia membeli dengan harga jauh di atas batas normal. Terlebih jika kelangkaannya didukung oleh popularitas karakter dan tokoh yang menyangkut film, komik, atau serial legendaris, maka harganya bisa semakin tak terkendali.

Sering kali action figure diproduksi dengan jumlah terbatas. Bahkan ada beberapa produk yang hanya dirilis tak lebih dari 50 atau 100 item. Action figure tersebut biasanya disalurkan lewat distributor-distributor besar, yang kemudian diteruskan ke toko-toko hobi atau hiburan. Para produsen atau pemain besarnya masih didominasi oleh negara Amerika dan Jepang.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *