Home » Koleksi Barang » Harga Action Figure Model Kit Gundam

Harga Action Figure Model Kit Gundam

Model kit merupakan istilah yang sering diberikan untuk rangkaian model. Bila dirangkai dengan baik dan benar, rangkaian tersebut akan menjadi sebuah model atau tiruan dari sebuah benda dalam bentuk miniatur. Nah, jika kita lihat dari segi harga maupun proses perakitannya, model kit ini tidak bisa dibilang sebagai mainan anak-anak, karena selain harga yang sangat mahal, alat-alat yang digunakan untuk merakitnya juga sangatlah berbahaya, mulai dari gunting, cutter, tang, dan lain-lain. Salah satu model kit yang paling digemari saat ini ialah model kit action figure GUNDAM atau lebih dikenal dengan istilah GUNPLA (Gundam Plastic Model). Gunpla sendiri adalah scale model dari seri anime Gundam yang sudah populer sejak dulu. GUNPLA ini memiliki beberapa tingkatan berdasarkan Grade gunpla. Setiap grade gunpla memiliki perbedaan yakni dari segi kerumitan perakitan, ukuran atau skala, artikulasi dan detail.

Berikut adalah grade dan harga action figure model kit Gundam :

  • SD (Super Deformed)

Skala pertama ialah SD atau yang berarti Super Deformed. Pada SD ini ukuran gunpla sangat kecil. Grade ini biasanya digunakan untuk para pemula yang ingin belajar merakit gunpla karena proses perakitannya sangat gampang dan jumlah runnernya juga sedikit. Beberapa serinya seperti seri Sangokuden atau biasa dikenal dengan BB Senshi Sangokuden. Gundam ini bertemakan perang Three Kingdom atau biasa lebih dikenal juga dengan seri Dynasty Warriors. Grade ini pada umumnya bersendi pada tangan, kaki, kepala, dan badan saja. Harga action figure berkisar 80-300 ribu rupiah.

Baca Juga: Tips Berburu dan Merawat Action Figures

  • AG (Advanced Grade)/ FG (First Grade)

Grade ini bisa dikatakan ini masih berada dibawah HG meski dengan skala 1/144. Biasanya gundam ini digunakan untuk pre-launching gundam jenis baru dan kadang pula sering digunakan untuk latihan mengecat (repaint). Artikulasi juga masih sangat terbatas karena hanya sendi tangan, kepala, badan, dan kaki yang bisa digerakan. Hampir mirip dengan SD hanya saja jenis dan skala yang lebih besar. Harga berkisar 100-250 ribu rupiah.

  • HG (High Grade)

Nah kalo skala yang satu ini cukup worth untuk para pemula ataupun kolektor. Dengan skala 1/144, pada grade ini sendi lengan serta lutut bisa digerakkan. Artikulasi lebih banyak sehingga bisa memudahkan pose untuk gunpla. Jenis gunpla dari Grade ini paling banyak dibanding grade gunpla lainnya, hal ini dikarenakan banyak seri gundam menggunakan grade ini. Harga berkisar 85-550 ribu rupiah tergantung dengan jenis gunpla yang dipilih, karena skala HG ini ada variannya seperti HGUC, HGFC, dan HGAW.

Pastikan sebelum anda memutuskan membeli gunpla ada baiknya melihat grade Gundam apa yang cocok untuk anda. Terlebih lagi untuk orang yang baru pertama kali ingin merakit gundam.

Selamat merakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *