Home » Mainan » Gasing  Kayu merupakan Mainan Tradisional yang Mulai Terlupakan

Gasing  Kayu merupakan Mainan Tradisional yang Mulai Terlupakan

 

Permainan tradisional semakin hari semakin terlupakan. Kecanggihan teknologi secara tidak langsung menjadi penyebab tenggelamnya permainan tradisional. Sebagian besar anak – anak banyak tidak tahu akan permainan – permainan tradisional. Anak – anak lebih mengenal permainan yang berbau teknologi seperti smartphone, playstation, game online dan permainan lainnya. Kalo kita gali banyak sekali permainan – permainan tradisional yang mengandung unsur olahraga sehingga mempunyai manfaat bagi tubuh dan juga bermanfaat untuk melatih keterampilan. Salah satu permainan tradisional itu adalah permainan gasing. Saat ini gasing kayu merupakan mainan tradisional yang mulai terlupakan.

Pada zaman dahulu gasing kayu merupakan mainan tradisional paling populer yang terdapat di berbagai daerah dan biasanya dimainkan oleh sebagian besar kaum laki – laki. Bahan baku gasing biasanya terbuat dari kayu bagian tengah atau akar. Banyak jenis kayu yang bisa digunakan sebagai bahan baku gasing seperti kayu pohon kopi, kayu besi, kayu pohon jambu dan jenis kayu lainnya. Faktor geografis suatu daerah sangat mempengaruhi jenis kayu yang akan dipergunakan untuk bahan baku gasing.  

Proses pembuatan gasing kayu hanya menggunakan alat sederhana seperti gergaji dan golok. Bentuk gasing kayu tiap daerah mempunyai bentuk berbeda – beda yang menjadi ciri khas masing – masing daerah. Gasing akan dicat warna  – warni sesuai karakter masing – masing pembuatnya.   Gasing kayu ini dimainkan menggunakan tali yang terbuat dari kain bekas atau kulit kayu. Panjang tali tergantung pada ukuran dan bentuk gasing dan disesuaikan dengan panjang lengan orang yang memainkannya.

Cara memainkan gasing kayu adalah dengan cara dilempar dan ditarik menggunakan tali sehingga gasing akan berputar . Keterampilan pemain gasing akan menentukan lama berputarnya gasing.  Kebanyakan gasing dimainkan di permukaan yang datar dan keras seperti di pekarangan rumah , tanah lapangan. Dahulu banyak perlombaan atau festival gasing yang diselenggarakan di berbagai daerah. Kategori yang dilombakan biasanya mulai dari bentuk gasing, waktu berputarnya, ketahanan gasing ketika diadukan dengan gasing yang lainnya.

Gasing kayu merupakan mainan tradisional yang banyak sekali manfaatnya. Dengan memainkan gasing kayu ini secara tidak langsung melibatkan gerak anggota tubuh mulai dari tangan, kaki sehingga kesehatan tubuh kita terjaga. Pelestarian mainan tradisional sangat perlu dilakukan sesegera mungkin dengan melibatkan berbagai pihak mulai pemerintah daerah, seniman, pendidik dan masyarakat umum lainnya. Kegiatan – kegiatan dalam rangka pelestarian mainan tradisional seperti menyelenggarakan workshop – workshop, perlombaan atau festival gasing, memasukkan permainan tradisional ke pelajaran muatan lokal di sekolah. Pemerintah daerah harus mendukung dan memfasilitasi kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian mainan tradisional ini sehingga tujuan supaya mainan tersebut tetap terjaga dan tidak semakin terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *