Home Hobbies Fakta Unik Kartonyono Ingkar Janji: dari Panggung Konser Hingga Terkenalnya Ngawi

Fakta Unik Kartonyono Ingkar Janji: dari Panggung Konser Hingga Terkenalnya Ngawi

by Erin Nuzulia
Kartonyono Medot Janji 2

Kartonyono Medot Janji 1

Deny Setiawan, kini akrab dipanggil Deny Caknan, menjadi populer oleh lagu berbahasa Jawa yang kerap dibawakannya berjudul Kartonyono Medot Janji. Lagu berdurasi sekitar 4 menit tersebut populer karena liriknya yang liris dibawakan dengan nada koplo sehingga sangat cocok bagi pria yang galau karena ditinggal oleh kekasihnya. Secara harfiah, Kartonyono Medot Janji berarti Kartonyono Ingkar Janji. Betapa tragis, bukan? Tulisan ini akan membahas sebagian hal unik dari lagu tersebut di mana liriknya penuh makna dan pendengarnya sering tersentuh, untuk mengetahui sebagian lainnya silakan baca di sini.

Perlu diketahui, Kartonyono adalah nama sebuah perempatan dekat kantor polisi di kota Ngawi, Jawa Timur. Hampir seluruh lirik dalam lagu tersebut menceritakan bagaimana seorang pria yang memiliki pasangan ingkar janji. Kejadian tragis tersebut memuncak di Kartonyono. Dalam lagu, hal tersebut dibuktikan bagaimana di perempatan Kartonyono sang kekasih mempersilakan pasangannya pergi. Kartonyono ning ngawi medot janjimu ambruk cagakku (…) metu kono belok kiri lurus wae rasa nyawang sepionmu sing marai ati.

Secara lirikal yang hampir seluruhnya berbahasa Jawa, Kartonyono Medot Janji akrab dengan para pria yang berasal dari Jawa. Oleh banyak kalangan, lagu ini disebut sebagai salah satu lagu utama bagi ‘sobat ambyar’ – mereka yang sakit hati karena diingkari janji oleh kekasihnya, umumnya para pria. Tak ayal, meskipun lagu ini bisa dibilang mengisahkan kisah cinta yang tragis, banyak kalangan dari aktivis lingkungan sampai politisi menggunakan lagu ini untuk lebih akrab dengan publik. Mungkin, begitu banyaknya pria sakit hati yang disebabkan oleh kekasihnya sehingga lagu ini dapat dijadikan sarana untuk mendekati mereka. Salah satu buktinya adalah konser musik di Semarang pada perayaan tahun 2020, Walikota Semarang turut menyanyikan lagu ini di depan masyarakat berduet dengan Deny Caknan.

Baca Juga:  Pilihan Merk Gitar Terbaik Dunia

Kisah tragis yang terkandung dalam lirik telah membuat banyak pendengarnya begitu menghayati sampai menangis. Hal ini tidak terjadi ketika pendengar mendengarkannya di kamar tetapi juga ketika konser. Beberapa waktu yang lalu terdapat video viral di media sosial yang mendokumentasikan seorang pemuda di depan panggung menitikkan air mata ketika penyanyinya mendendangkan Kartonyono Medot Janji. Kendati dibawakan dengan musik koplo, betapa tragis, dekat, dan menyentuhnya kisah dalam lirik lagu tersebut sampai-sampai seorang laki-laki menangis di ruang publik ketika mendengarkannya.

Kartonyono Medot Janji 2

Selain itu, dengan liriknya yang menggunakan perempatan Kartonyono di Ngawi sebagai latar utama telah membuat kota di Jawa Timur tersebut jadi populer. Beberapa media yang berhasil mewawancarai Deny Caknan memberitakan bahwa penyanyinya sangat gembira ketika karyanya populer. Salah satu kegembiraannya itu adalah membuat kota Ngawi terkenal melalui lagunya. Secara tidak langsung, setiap orang yang mendendangkan atau mendengarkan lagu Kartonyono Medot Janji akan berpikiran mengenai kota Ngawi, atau setidaknya bertanya-tanya seperti apa perempatan Kartonyono itu. Bagaimana aura dari perempatan tersebut sehingga mampu memberi inspirasi kepada pengarangnya untuk membuat lagu dengan kisah tragis yang sangat menyentuh.

Jadi, apabila kamu adalah orang yang kerap mendengarkan lagu tersebut dan berpikiran untuk menggenapi kegalauan, mengunjungi Kartonyono sebagai perayaan atas gagalnya cinta kamu adalah pilihan baik untuk dilakukan. Ngawi tidaklah jauh dari jangkauan, banyak makanan dan oleh-oleh yang bisa dibeli di sana. Barangkali, hatimu yang patah itu akan terobati. Siapa tahu? Setelah mengetahui beberapa fakta mengenai lagu ini, daripada mengelus-elus kegalauan, lebih baik kamu merayakannya agar segera terobati, bukan?

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More