Home » Koleksi Barang » Daya Tarik Pasar Barang Antik Di Indonesia

Daya Tarik Pasar Barang Antik Di Indonesia

Pada zaman sekarang yang serba canggih ini perburuan Barang kuno yang bernilai tinggi semakin hari semakin digemari baik kalangan muda maupun dari kalangan tua. Bagi para kolektor dengan berburu Barang tersebut ada kepuasan tersendiri ketika memperoleh barang yang diburunya. Harga mahal bukan masalah bagi para kolektor ketika akan menambah koleksi nya. Para kolektor sengaja berburu ke luar daerah untuk mendapatkannya barang yang berkualitas. Terdapatnya pasar barang kuno yang bernilai tinggi di tiap – tiap daerah di Indonesia semakin memudahkan para kolektor untuk menambah koleksinya. Selain untuk jual beli barang tempat ini juga dijadikan tempat tukar menukar informasi antar sesama kolektor. Terdapatnya berbagai macam jenis barang yang dijual semakin meningkatkan daya tarik pasar barang antik di Indonesia.

Pasar yang penuh dengan barang – barang yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi ini akan menciptakan suasana bernuansa kuno atau vintage. Hal ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat umum sebagai lokasi pengambilan foto seperti pengambilan foto untuk pernikahan atau pengambilan swafoto untuk dibagikan di media sosial. Tempat ini juga bisa dijadikan tempat wisata seolah – olah para pengunjung berjalan – jalan ke masa lalu yang disekelilingnya disajikan berbagai barang – barang kuno dengan nilai sejarah tinggi dengan kualitas dan keaslian yang terjaga. Para penjual akan memberikan informasi mengenai barang – barang yang dijualnya seperti sejarah barang tersebut, kondisi barang tersebut, harga barang tersebut dan informasi lainnya.

Tawar menawar harga yang alot sering ditemui di pasar tersebut sehingga menjadi pemandangan sehari – hari  yang menarik bagi pengunjung yang hanya sekedar melihat – lihat. Berbagai jenis kegiatan bisa dilakukan di tempat ini seperti tukar menukar barang antar sesama pedagang dan pembeli bisa terjadi di tempat ini. Selain itu penyewaan barang antik bisa juga dilakukan di pasar ini yang biasanya penyewaan ini dipergunakan untuk keperluan pembuatan film.  Bagi para kolektor pasar ini bisa menciptakan kepuasan tersendiri ketika barang antik yang diinginkannya berhasil diperoleh.

Pasar yang bersih dan rapih bisa dijadikan nilai tambah untuk menarik para pengunjung ataupun para kolektor dalam mencari barang – barang kuno. Saat ini keterlibatan pemerintah daerah dalam menata pasar – pasar barang antik sangat diperlukan. Penataan tersebut meliputi perbaikan fasilitas – fasilitas penunjang seperti toilet, akses jalan, penataan kios – kios yang nyaman baik bagi pengunjung maupun pedagang itu sendiri. Selain itu promosi – promosi yang dilakukan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk meningkatkan pendapatan para pedagang. Karena saat ini promosi hanya dilakukan antar komunitas pedagang, komunitas para kolektor, media online. Dengan peran aktif Pemerintah Daerah bisa  menjadikan pasar antik menjadi magnet baru bagi lokasi wisata belanja di daerahnya.  

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *