Home Tanaman Ragam Manfaat Daun Bidara: Obat Alami yang Ada Dalam Kitab Suci!

Ragam Manfaat Daun Bidara: Obat Alami yang Ada Dalam Kitab Suci!

by Erin Nuzulia
daun bidara

Daun bidara merupakan dedaunan dari pohon bidara yang merupakan tanaman dengan tempat asal timur tengah. Karena mudah ditanam dan manfaat daun bidara sangat banyak, tanaman ini jadi banyak ditumbuhkan di negara-negara lain. Di dalam kitab suci AL-Quran, manfaat daun bidara atau pohon bidara disebut dapat mengusir bangsa jin dan berbagai gangguan makhluk gaib. Selain itu, daun tanaman yang memiliki nama ilmiah ziziphus mauritiana ini juga punya segudang manfaat lainnya loh.

Tak percaya bahwa daun bidara punya banyak manfaat yang tak hanya baik untuk tubuh tapi juga kulitmu? Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

  • Mengandung indeks glikemik rendah

Manfaat yang pertama adalah untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan glikemik di dalamnya sangat rendah. Indeks glikemik sendiri merupakan kadar gula dalam suatu jenis makanan yang mampu menghambat peningkatan kadar dula dalam darah.

daun bidara 01

Dengan pertimbangan tersebut, daun bidara kemudian sangat cocok digunakan untuk mengobati diabetes. Adapun cara penggunaan daun bidara untuk penyakit tersebut adalah, kamu bisa siapkan 3 hingga 5 helai daun bidara segar kemudian rendam daun tersebut di dalam gelas dengan menggunakan air panas.

Setelah 5 menit, saring air rendaman daun bidara tersebut agar terpisah dengan daunnya lalu campurkan dengan madu untuk menambahkan rasa manis alami di dalamnya. Di sini, kamu disarankan tidak memakai gula atau pemanis lainnya ya. Hal ini dikarenakan untuk penderita diabetes akan sama saja jika kamu tetap menggunakan pemanis tersebut. Jika kamu tak ingin menambahkan pemanis, kamu juga bisa langsung meminumnya hangat-hangat.

  • Sebagai bahan untuk mandi wajib

Di dalam ajaran umat Islam, daun bidara juga bisa digunakan sebagai media tambahan untuk mandi wajib. Ya, karena manfaatnya yang sangat banyak, daun bidara kemudian dianjurkan dipakai saat umat muslim melakukan mandi wajibnya.

Baca Juga:  Yuk Simak Tips Keren Berkebun Sayuran di Lahan Sempit

Adapun cara untuk melakukan mandi wajib dengan daun bidara ini adalah, kamu harus menyiapkan beberapa helai daun bidara dengan jumlah ganjil. Di mana disarankan berjumlah 7 buah untuk digunakan dalam mandi wajib ini.

Setelah itu, kamu bisa mencacahnya atau menumbuknya jadi setengah halus lalu siapkan pada wadah bersih sebelum di bawa ke dalam kamar mandi. Saat mandi wajib dilakukan, daun bidara yang telah disiapkan tersebut kemudian dioleskan ke seluruh badan dengan membaca doa-doa tertentu, lalu dilanjutkan dengan memakai sabun dan mandi biasa.

Meskipun berasal dari wilayah yang sangat panas, daun bidara nyatanya memiliki rasa dingin seperti duan mint saat dioleskan ke kulit atau ke tubuh. Dengan menggunakan daun bidara untuk mandi wajib ini, diharapkan umat muslim yang menggunakannya terhindar dari gangguan jin dan makhluk gaib lainnya.

  • Menurunkan demam

Manfaat daun bidara kedua yang dimiliki daun bidara adalah menurunkan demam. Seperti yang telah diketahui bersama, daun bidara memiliki kandungan zat inflamasi yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menurunkan demam.

daun bidara

Adapun cara menggunakan daun bidara untuk dijadikan obat demam antara lain adalah dengan menumbuk halus daun bidara lalu mencampurkannya dengan sedikit air hangat. Setelah itu, kompres pada kening yang tengah sakit demam. Jika kamu kesulitan untuk menumbuk daun bidara, kamu juga bisa merendam daun bidaranya secara langsung dengan terlebih dahulu dicuci bersih ya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More