Home » hobi » Daripada Buang Duit Sia-Sia, Lebih Baik Simak Cara Memilih Alat Memancing yang Sesuai Ini

Daripada Buang Duit Sia-Sia, Lebih Baik Simak Cara Memilih Alat Memancing yang Sesuai Ini

Bagi kebanyakan orang, memancing hanya sekedar kegiatan untuk mengisi waktu luang. Namun bagi beberapa orang, memancing adalah sebuah kepuasan yang tak ternilai. Tak heran bila penggiat memancing rela menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli alat pancing yang bisa mengakomodasi kebutuhan mereka.

Memang ada harga ada rupa. Tapi, Anda harus ingat bahwa tak ada yang sempurna. Jadi sebisa mungkin Anda jeli dalam memilih alat memancing sehingga kebutuhan Anda bisa terakomodasi.

Kalau Anda bingung bagaimana cara memilih alat memancing yang benar, menyimak artikel ini adalah pilihan yang tepat. Karena di sini akan diulas bagaimana cara memilih alat memancing yang sesuai dengan kebutuhan.

Lokasi Memancing

Tempat memancing Anda sangat menentukan peralatan apa yang sebaiknya Anda beli. Sebagai contoh, bila Anda menyukai “bertarung” dengan ikan-ikan di laut, maka pilih joran yang kuat dan berukuran panjang mengingat ikan-ikan di laut memiliki tenaga yang kuat dan gerakan yang cukup agresif. Joran yang kuat mampu menarik ikan yang berukuran besar sekalipun.

Jika lokasi memancing favorit Anda di rawa, memilih joran panjang hanya akan mempersulit pergerakan karena pancing akan mudah tersangkut di benda-benda sekitar perahu. Untuk tempat yang tak terlalu dalam, joran pendek bisa jadi pilihan yang tepat.

Ikan yang ingin Dipancing

Sebelum berbelanja alat memancing, sebaiknya perhatikan dulu ikan apa yang ingin ditarget. Bila tujuan Anda ingin memenangkan pertarungan dengan giant trevally atau roosterfish, memilih joran yang kuat hukumnya wajib. Joran yang kuat dapat membantu menaklukan ikan yang bobotnya besar dengan tenaga yang agresif. Hanya saja, jenis joran seperti itu tak terlalu sensitif mendeteksi ikan-ikan yang bertenaga lemah sampai sedang.

Sebaliknya, joran yang pendek dan berbobot ringan akan sangat cocok untuk memancing ikan yang berukuran kecil dan memiliki tenaga yang tak terlalu agresif seperti ikan air tawar.  Apalagi jenis ini juga lebih sensitif dalam mengenali pergerakan ikan dibanding joran yang memiliki bobot berat. Hanya saja, ia mudah patah bila ikan yang dipancing berukuran berat.

Sesuaikan dengan Teknik yang Dipakai

Teknik memancing saat menentukan joran apa yang sebaiknya Anda beli. Semisal Anda penyuka teknik memancing casting, sebuah teknik yang mengharuskan Anda menarik ulur senar terus-menerus dengan tenaga besar untuk menangkap ikan, alat memancing yang memiliki grip besar dengan reel yang kuat dan fleksibel adalah pilihan yang tepat.

Bahan yang Dipakai

Sebelumnya telah diulas tentang joran yang berat dan ringan. Sebenarnya apa yang mempengaruhi berat atau tidaknya suatu joran? Jawabnya adalah bahannya. Alat memancing yang terbuat dari fiberglass terasa lebih berat daripada grafit, tapi tenaganya lebih besar dan kuat.

Sebaliknya, joran yang terbuat dari grafit sangat ringan di tangan dan memiliki sensitifitas tinggi terhadap pergerakan ikan. Sayanganya, jenis ini lebih mudah patah dibanding fiberglass dan tenaga tarikannya pun tak terlalu kuat sehingga tak cocok untuk ikan yang besar.

Mudah atau Tidaknya Dibawa

Bila Anda seorang mancing mania yang sering memancing di mana pun dan kapanpun, tentunya portable atau tidaknya suatu alat memancing sangatlah penting. Saat ini setidaknya ada tiga model joran yang beredar di pasaran, yaitu jenis one piece, two pieces, dan multipiece. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Joran jenis one piece dikenal memiliki sensitifitas yang tinggi dalam merasakan pergerakan ikan, namun jenis ini susah dibawa-bawa karena tak bisa ditekuk. Semakin panjang ukurannya, maka semakin sulit untuk dibawa.

Berikutnya ada jenis two pieces. Karena bisa ditekuk, maka jenis ini terasa sangat praktis dibawa, disimpan, juga mudah digerakan saat dalam air terlebih saat menangani ikan berukuran besar. Hanya saja, Anda harus mengorbankan sensitifitas saat memancing bila memilih joran two pieces.

Selanjutnya adalah model multi pieces. Ini adalah model yang cocok untuk para travelers karena joran multi pieces bisa ditekuk menjadi beberapa bagian. Hanya saja, model ini hanya cocok untuk menangkap ikan berukuran sedang.

 

Sumber gambar: amazonaws.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *