Home » Hobi ekstrim » Daftar Lokasi Arung Jeram Seru di Indonesia yang Harus Dicoba

Daftar Lokasi Arung Jeram Seru di Indonesia yang Harus Dicoba

Olahraga arum jeram belakangan memiliki makin banyak penggemar. Selain butuh persiapan khusus, arung jeram juga butuh dilakukan di tempat tepat. Tidak semua sungai dapat digunakan untuk berarung jeram. Hanya sungai tertentu saja dengan keadaan alam dan arus yang masih memadai. Berikut ini daftar lokasi arung jeram seru di Indonesia yang harus dicoba.

Sungai Ayung, Bali

Selain pantai, ternyata Bali juga menawarkan spot wisata yang tidak kalah cantik dan menantang. Salah satu sungai di Bali yang sering digunakan untuk melakukan arung jeram adalah Sungai Ayung.

Dengan panjang 62,5 jm, sungai Ayung adalah sungai terpanjang di Bali dan bermuara di Selat Badung. Lokasi favorit yang sering digunakan adalah daerah Ubud. Tingkat kesulitan sungai Ayung ini berada pada kelas II dan III, artinya aman sekalipun Anda masih benar-benar baru.

Sungai Elo, Jawa Tengah

Lokasi arung jeram lainnya yang tidak kalah menarik adalah Sungai Elo di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur, sungai Elo biasa dijadikan tujuan berikutnya untuk menguji adrenalin. Di tempat ini sendiri sudah banyak tersedia rental dan paket wisata menjelajah sungai.

Sungai Citarik, Jawa Barat

Saking terkenalnya, sunga Citarik ini menjadi lokasi favorit untuk berarung jeram di Jawa Barat. Variasi kesulitannya pun beragam, dari kelas III hingga kelas IV. Lokasi awal arung jeram biasanya dimulai di Cikidang, Sukabumi.

Selain sungainya yang memang menantang, pemandangan sekitar sungai ini juga memanjakan mata. Airnya yang bersih ditambah keindahan alam yang masih alami menjadi nilai tambah dari sungai di Jawa Barat ini.

Sungai Alas, Aceh

Lokasi berikutnya yang cocok digunakan untuk arung jeram berada di Aceh, yakni sungai Alas. Arus sungainya yang ideal serta memiliki medan yang cocok dan pemandangan alam yang indah membuat sungai ini sering digunakan untuk lomba tingkat nasional.

Sungai Alas ini berada di tengah-tengah Taman Nasional Gunung Leuser, dan seolah membelah taman nasional jadi dua. Bagian hilir sungai ini adalah Samudera Hindia. Pemandangan hutan tropis yang masih sangat alami akan jadi sajian utama saat menjelajahi sungai ini. Titik awal penjelajahan biasanya di Muarasitulan di Kota Kutacane serta Angusan di dekat Blangkejeran.

 Baca Juga: Mengenal Perlengkapan Surfing Bagi Pemula

Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Pulau satu ini terkenal sebagai pulau dengan banyak sungai lebar yang biasanya digunakan untuk melintas perahu. Meski demikian, Kalimantan juga punya sungai yang cocok digunakan untuk arung jeram. Salah satu sungai tersebut adalah sungai Lamandau di propinsi Kalimantan Tengah.

Titik awal pemberangkatan biasanya dilakukan lewat desa Riam Tinggi, kecamatan Delang, kabupaten Lamandau. Sepanjang sungai nantinya Anda akan disuguhi pemandangan hutam tropis alami yang masih benar-benar menakjubkan.

Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Bagi Anda yang tengah liburan di Minahasa, tidak ada salahnya mencicipi petualangan di sungai Nimanga. Titik awal pemberangkatan biasanya dilakukan di desa Timbukar, kabupaten Minahasa.

Selain batu-batu unik lonjong yang ada di sisi sepanjang sungai, Anda juga akan disuguhi pemandangan hutan menakjubkan dan bisa juga bertemu dengan Macaca Nigar, monyet khas Sulawesi. Kelas kesulitan sungai Nimanga ini adalah III dan IV. Ada satu tempat yang paling menantang, yakni Good Bye. Sebuah jeram dengan ketinggian 4 meter.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *