Home Hewan Peliharaan Jenis Ikan Cupang Hias Cocok untuk yang Hobi Memelihara Ikan!

Jenis Ikan Cupang Hias Cocok untuk yang Hobi Memelihara Ikan!

by Erin Nuzulia
cupang 01

Ikan Cupang merupakan ikan yang unik, perawakannya indah nan cantik sekaligus ‘garang’ alias suka berkelahi. Secara garis besar, jenis ikan ini dibagi menjadi tiga, yaitu Ikan cupang hias, liar, dan aduan. Walaupun suka berkelahi dan liar, ikan ini mempunyai Bentuk siripnya indah. Hal itulah yang membuat kebanyakan orang suka mengoleksi untuk dijadikan hewan peliharaan. Habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Ikan ini kuat bertahan hidup sehingga tetap bisa hidup pada wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara atau aerator. Hal ini makin mempermudah banyak orang untuk memeliharanya. Nah untuk membedakan ikan cupang hias dan cupang aduan kamu harus perhatikan hal hal berikut. Cupang hias sebenarnya tetap bisa diadu kalau mau, tapi kan sayang. Ikan cupang hias biasanya warna dan bentuk ekornya lebih cantik. Berikut jenis-jenis ikan cupang hias yang terkenal :

Ikan cupang Halfmoon

Ikan cupang ini mempunyai ekor dan sirip yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Ikan cupang Halfmoon ini dipilih untuk dipelihara karena keindahannya. Ikan cupang hias yang berasal dari Thailand ini mempunyai varian warna yang menarik, dari warna merah menyala, kuning, bahkan putih.

cupang

Ikan Cupang Koi

Cupang koi berasal dari perkembangan dari cupang plakat yang sering jadi jagoan pada ikan cupang aduan. Berbeda dengan plakat, cupang koi lebih disukai karena warnanya yang ikan koi. Ikan cupang hias ini mempunyai banyak peminatnya dari para penggemar ikan hias koi. Harganya pun tidak terlalu mahal, paling tinggi, seratus ribu rupiah.

Ikan cupang double tail

Ikan cupang hias ini terlihat sangat mirip dengan cupang halfmoon. Bedanya terdapat pada ekor yang terbelah atau bercagak dua. Hal itulah yang membuat ikan ini dinamai dengan double tail alias ekor ganda. Jika kamu ingin mencari jenis ikan ini, perhatikan lah celah atau jarak antara ketiga siripnya, semakin sempit semakin baik. Saat mengembang sempurna, keseluruhan sirip ikan ini akan membentuk satu kesatuan yang berupa lingkaran utuh yang simetris. Ikan ini cukup mahal karena langka di pasaran. Harganya bisa mencapai dua juta rupiah. Selain mahal, ikan ini juga sulit untuk dibudidayakan.

Baca Juga:  Simak Pertimbangan Ini Ketika Akan Memelihara Kucing di Rumah

Ikan cupang HMPK

Ikan cupang HMPK merupakan hasil breeding dari ikan cupang jenis halfmoon dengan plakat. HMPK merupakan kepanjangan dari Half moon Plakat. HMPK mendapatkan banyak pujian karena bentuk dan warnanya yang indah nan menawan.

Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang hias ini masih masuk dalam keluarga cupang plakat. Mempunyai warna dasar putih dengan corak warna biru di bagian ujung sirip dan ekornya. Tampilan ikan cupang hias ini sangat cantik, seolah menari-nari saat berenang tenang. Harga cupang blue rim rata-rata diangka ratusan ribu rupiah untuk per ekornya.

cupang 01

Itulah beberapa jenis cupang hias yang populer saat ini. Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya adalah kota yang mempunyai pasar ikan hias yang paling terkenal menjadi rujukan penggemar ikan cupang untuk membeli ikan cupang hias. Di Jogja ada pasar Pasty, di Surabaya ada Pasar Ikan Hias Gunungsari, dan di Bandung ada Pasar Ikan Hias Jalan Peta.  Jadi apakah kamu sudah memutuskan jenis ikan cupang hias mana yang bakal kamu pelihara?

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More