Home » Hobi ekstrim » Cara Merawat Ular Peliharaan di Rumah Secara Aman

Cara Merawat Ular Peliharaan di Rumah Secara Aman

Pada dasarnya memelihara seekor hewan bisa dijadikan sebagai teman Anda di rumah dalam membuang waktu sepi. Misalnya adalah pada beberapa kalangan yang memang sering kali di tinggal sendiri di rumah, atau mungkin anak kosan. Memelihara hewan seperti halnya kucing, kemudian juga kelinci atau anjing tentunya sudah biasa. Namun bagaimana dengan hewan melata yaitu ular. Sebagian mungkin agak merasa geli dan juga jijik, namun faktanya ada banyak sekali kalangan yang senang memeliharanya di rumah, merawat ular ini agaknya juga berbeda dibandingkan dengan hewan lainnya.

 

Patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya ular ini sendiri adalah termasuk hewan yang pemalu, namun beberapa jenis juga bisa sangat membahayakan bagi Anda, misalnya adalah cobra yang sangat mungkin untuk mematok pemiliknya, bisa yang ada di dalam ular ini sangat mematikan bagi manusia. Sehingga jika tidak berhati-hati nantinya bisa membunuh pemiliknya.

 

Setidaknya berikut ini ada beberapa panduan mudah merawat ular yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah:

 

  1. Sediakan tempat tersendiri untuk hewan tersebut, jangan dibiarkan melata dimana-mana, pastikan bahwa mereka memiliki tempat atau wadah tersendiri, sehingga memungkinkannya untuk tidak berpindah kemana-mana, apalagi jika Anda memiliki anak kecil di rumah, hal ini akan sangat membahayakan bagi mereka, karena dalam kondisi terdesak hewan semacam ini juga bisa mengancam nyawa.
  2. Harus tepat waktu dalam memberikan makan, meskipun tergolong sebagai jenis hewan yang tenang, namun faktanya ular piton juga termasuk hewan yang sangat membahayakan, apalagi ketika dalam kondisi lapar, apapun yang ada di sekitarnya nanti bisa ditelan asalkan masuk dalam jangkauan mereka, entah itu hewan peliharaan maupun manusia. Untuk itu memberi makannya juga harus selalu tepat waktu.
  3. Jauhkan dari hewan peliharaan yang lain, apalagi bagi yang memiliki hewan ternak di rumah, seperti diantaranya adalah ayam, bebek maupun sejenisnya, meskipun dalam kondisi yang sudah kenyang, ular tetap bisa mengancam jika di dekatkan dengan mangsanya. Untuk itu jika memelihara hewan ini harus selalu dijauhkan dari hewan yang lainnya.
  4. Sering-sering untuk membersihkan tempat hewan peliharaan tersebut, sama halnya dengan hewan yang lainnya, maka ular sendiri juga akan mengeluarkan kotoran, bahkan sering kali mengalami pergantian kulit, untuk itu pastikan tempat tinggalnya juga selalu bersih agar tidak bau.

 

Sebaiknya jika ingin memelihara ular, perhatikan jenis yang akan Anda pelihara juga, hindari memelihara yang berbahaya seperti diantaranya adalah cobra, karena suatu saat akan membahayakan orang lain. Pilihlah yang paling aman seperti diantaranya adalah piton, karena ular semacam ini lebih tenang. Merawat ular yang tidak berbisa agaknya juga jauh lebih aman untuk keluarga di rumah.

 

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *