Home » Koleksi Barang » Cara Memilih Biola yang Tepat untuk Para Pemula

Cara Memilih Biola yang Tepat untuk Para Pemula

Alat musik instrumental ini, memang lebih dikenal sebagai sebuah alat musik klasik, yang memang mampu menghasilkan nada-nada indah didalamnya. Alat musik yang termasuk dalam golongan viol ini, biasanya akan dimainkan dengan cara di gesek untuk menghasilkan nada yang indah. Pada alat musik yang satu ini Anda dapat mendengarkan nada G-D-A-E yang di setting dengan sistem yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ya, Biola merupakan salah satu alat musik klasik yang kini banyak digemari oleh berbagai kalangan karena mampu menghasilkan nada yang indah dan terdengar romantis ditelinga. Bagi Anda yang memang tergolong sebagai pemula dan ingin memiliki alat musik tersebut, berikut ini tips pemilihan yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi:

Cara Memilih Biola yang Tepat untuk Para Pemula 

  • Ukuran dari alat musik gesek tersebut

Alat musik klasik yang satu memiliki beberapa varian ukuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan usia ataupun ukuran tubuh Anda. Untuk ukuran terkecil dari alat musik ini adalah 1/3 dan ukuran terbesarnya adalah 4/4. Untuk ukuran terkecil 1/3 sampai dengan 1/8 biasanya akan lebih banyak digunakan oleh anak dengan usia 2-6 tahun. ukuran ¼ biasanya akan banyak digunakan oleh anak dengan usia 4-7 tahun. Ukuran ½ digunakan anak 6-10 tahun. Ukuran ¾ untuk anak usia 9-11 tahun dan ukuran 4/4 untuk anak usia diatas 11 tahun, termasuk pula orang dewasa. 

  • Bahan pembuatan

Secara umum biola yang memiliki kualitas bagus biasanya akan terbuat dari bahan kayu solid, dimana kayu yang digunakan pun akan berbeda dari satu bagian dengan bagian lainnya. Untuk hasil kualitas suara yang bagus, akan lebih disarankan bagi Anda untuk memilih alat musik gesek ini yang terbuat dari kayu maple untuk bagian body belakang, depan, leher dan sisi sampingnya. Sedangkan bagian fingerboard akan lebih disarankan bahan kayu ebony untuk Anda hadirkan didalamnya. 

  • Perhatikan setiap detail bagian pada alat musik gesek tersebut

Pastikan ketika Anda memilih alat musik gesek yang satu ini, Anda juga memperhatikan setiap detail bagian didalamnya. bagian bridge ataupun jembatan pada alat musik gesek ini penting untuk diperhatikan, dan pastikan ada didalam alat musik yang akan Anda beli. Bagian ini memiliki fungsi yang penting dalam menghantarkan getaran senar didalamnya. 

  • Merk dan harga

Pastikan ketika Anda hendak melakukan pembelian alat musik gesek yang satu ini, Anda telah mengantongi informasi secara lebih lengkap mengenai merk-merk biola apa saja yang merupakan merk terbaik untuk alat musik yang satu ini. Setelah informasi Anda dapatkan, maka Anda pun harus menyiapkan budget terlebih dahulu untuk pembelian alat musik gesek tersebut. Pilihlah merk yang memang terbaik, dan jangan pernah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh para penjualnya.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *