Home » Tanaman » Cara Memilih Bibit Tanaman Tomat yang Baik

Cara Memilih Bibit Tanaman Tomat yang Baik

Bagi anda yang memiliki hobi berkebun, merasa bahagia saat melihat tanaman yang dirawat tumbuh besar dan sehat. Hal pertama yang harus diperhatikan saat memulai hobi berkebun ini adalah bagaimana memilih bibit tanaman yang baik sehingga menghasilkan tumbuhan yang cantik dan menghiasi kebunmu. Tomat (Lycopersicon esculentum L) adalah salah satu sayuran yang sering ditanam di kebun, namun dewasa ini ada sekitar lebih dari 400 varietas tomat. Masing-masing varietas memiliki keunikan masing-masing dan perawatan yang berbeda-beda, jadi sebelum melakukan membudidayakan tomat ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bibit tomat terbaik bagi kebun anda:

  • Ketahanan terhadap penyakit tanaman

Tomat adalah tanaman yang bersifat rentan terhadap beberapa penyakit, saat membeli bibit perhatikan label tanaman tersebut apakah varietas ini memiliki ketahanan terhadap verticillium dan fusarian layu (merupakan dua penyakit yang sering terjadi pada tomat). Biasanya bibit tomat yang tahan pada penyakit ini memiliki huruf V atau F setelah nama varietas tersebut.

  • Growth habit (cara pertumbuhan)

Tomat memiliki dua cara tumbuh:

  • Varietas determinan biasanya tumbuh pada level ketinggian 2 hingga 3 kaki, kemudian tumbuh buah hingga matang.
  • Varietas indeterminan akan tetap tumbuh tinggi lalu kemudian baru tumbuh buah dan matang hingga musim dingin, varietas jenis ini membutuhkan lebih banyak perhatian karena membutuhkan waktu lama untuk panen.

Baca Juga : Makanan Kucing Terbaik

Jika anda memiliki jumlah ruang yang terbatas atau berniat untuk menanam tomat di dalam pot maka lebih baik memilih varietas yang determinan. Disamping itu varietas ini juga bisa bertahan di iklim dingin dan harus dipanen dalam waktu 2 minggu. Namun jika memiliki ruang yang lebih besar dan lebih memilih untuk menunggu hingga beberapa bulan maka lebih baik untuk memilih bibit tanaman dengan varietas indeterminan. Umumnya varietas tomat bersifat determinan, sedangkan varietas indeterminan yang bisa dijumpai seperti tomat chery dan beefsteak. Varietas indeterminan akan tumbuh secara berkelanjutan dari bulan Juli hingga musim dingin.

  • Masa kematangan atau panen

Hal penting lainnya dalam menanam tomat adalah memiliki umur pertumbuhan yang singkat. Umumnya varietas beefsteak memerlukan waktu hingga 90 hari untuk matang. Periksa lagi label tanaman saat anda membeli bibit disana tercantum berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga panen bagi masing-masing varietas, ada yang berkisar umur 2,5 hingga 3 bulan.

Berikut adalah beberapa varietas serta masa matang atau panennya:

  • Brandywine: 80 hari.
  • Costoluto Fiorentino: 80 hari.
  • German Pink: 85 hari.
  • Golden Gem: 85 hari.
  • Marmande: 70 hari.
  • Red Cherry: 70 hari.
  • Riesebtraube: 80 hari.

  • Rasa dan tekstur

Rasa adalah salah satu alasan untuk menanam tomat, rasa dari tomat berasal dari 400 volatile chemical compound. Beberapa tomat memiliki kadar gula yang tinggi sehingga memiliki rasa manis, ada juga yang mengandung asam serta ada tomat yang memiliki rasa manis dan asam yang seimbang.

  • Area Penanaman (Dataran tinggi atau dataran rendah)

Ada beberapa varietas tomat yang hanya cocok hidup di daerah dataran tinggi seperti: varietas berlian, mutiara dan kadu. Disamping itu ada juga varietas yang cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah yaitu: varietas intan ratna dan CLN, serta ada jenis tanaman tomat yang bisa ditanam di kedua dataran baik dataran tinggi atau rendah yaitu: GH2 dan GH4. Bagi anda yang akan menanam tomat sebaiknya memperhatikan area atau lokasi kebun anda apakah termasuk dataran tinggi atau rendah, karena hal tersebut berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya tanaman tomat.

Demikianlah tips cara memilih bibit tanaman tomat yang baik, silahkan dibaca dan semoga bermanfaat bagi anda yang menyukai hobi berkebun.

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *