Home » Kerajinan Tangan » Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kotak Rokok

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kotak Rokok

kerajinan tangan dari kotak rokok

Ada beragam jenis rokok yang dapat dijumpai dan seringkali dikonsumsi oleh banyak pihak. Bahkan sekalipun telah tercantum peringatan sedemikian rupa di balik bungkus rokok itu, tak membuat perokok terhenti begitu saja. Namun tahukah Anda bahwa kotak rokok tersebut yang seringkali dibuang di sembarang tempat dapat diubah menjadi sebuah kerajinan tangan. Lebih dikenal pula dengan kerajinan dari benda-benda yang tak terpakai. Meskipun bersifat di daur ulang, akan tetapi tidaklah sulit untuk memanfaatkan bungkus-bungkus rokok yang beraneka ragam itu. Bahkan, hasil dari kerajinan tangan itu dapat difungsikan sedemikian rupa.

Dalam daur ulang bungkus rokok ini dapat dimulai sesuai dengan bentuk-bentuk kerajinan tangan yang Anda maksudkan. Sampai pada nantinya akan berpengaruh terhadap kreasi hingga tingkat kesulitan atas proses tersebut. Untuk itu Anda dapat memilih dari beberapa kerajinan tangan yang ada, seperti dengan contoh-contoh berikut ini:

  • Miniatur
  • Mainan
  • Hiasan dinding
  • Hiasan meja, dll

Serta masih terdapat kreasi lainnya yang dapat menjadikan kotak rokok tersebut memiliki seni, entah itu dari bungkus atas merk yang sama maupun berbeda. Dengan begitu, saat dimana Anda menjumpai bungkus rokok atau memang ada kerabat yang mengkonsumsinya, bungkus tersebut dapat diminta dan dijadikan suatu hasil karya daripada hanya terbuang dan menjadi sampah semata. Saat dimana beberapa bungkus rokok telah terkumpul, Anda pun bisa memulai mendaur ulang kotak-kota tersebut. Seperti contohnya dengan kreasi berikut ini:

  • Ambil bungkus rokok dan buang plastiknya, lalu tumpuk-tumpuk hingga menjadi rumah ataupun bangunan tertentu. Seperti sebuah miniatur.
  • Susun bungkus rokok di untuk dijadikan mainan, seperti contohnya dengan mobil-mobilan.
  • Susun tumpuk-tumpuk bungkus rokok itu di atas meja, dengan memanjang dan kertas bagian dalam dari rokok tersebut diambil untuk dijadikan bunga yang diletakkan atau dilem di atas tumpukan rokok itu.

Ada beberapa pilihan dimana Anda bisa mengkreasikan ide dari sebuah bungkus rokok. Sampai pada nantinya dari bungkus-bungkus yang terbuang itu dapat dimanfaatkan dengan baik. Di sisi lain, Anda perlu tahu bahwa kerajinan ini juga bisa di kreasikan untuk hasil lain dan tentunya berdasar dengan kreatifitas masing-masing. Bahkan dari hasil daur ulang tersebut dapat menjadi nilai seni yang indah serta nilai jual tersendiri. Sehingga bungkus yang semula hanya sebagai sampai dapat diubah sedemikian rupa dan menjadi sebuah hasil karya.

Kerajinan tangan yang lebih mengacu pada kreasi daur ulang memang menarik dan lebih memanfaatkan barang-barang tak terpakai. Selain itu juga lebih mudah dan murah dalam menciptakan suatu produk hasil dari kreatifitas sendiri. Sebuah kreatifitas dari kotak rokok yang menghadirkan kerajinan tangan dengan nilai seni yang menarik perhatian atas suatu benda-benda yang sudah tak dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *