Home » Mainan » Cara Membatasi Anak Bermain Game dengan Bijak

Cara Membatasi Anak Bermain Game dengan Bijak

Teknologi kini sudah menjalar di berbagai bidang termasuk pada bidang hiburan dan gadget. Kini dengan adanya smartphone yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi, memungkinkan siapa saja untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan tanpa meninggalkan tempat bahkan bergerak dari duduknya. Hal ini juga dialami oleh anak-anak yang gemar bermain game dari smartphone atau tabletnya dibandingkan bermain secara langsung dengan anak-anak sebaya. Jika dibiarkan, maka anak akan kehilangan masa kanak-kanaknya bahkan tak mengenal tetangga atau teman yang sesungguhnya.

 Cara Membatasi Anak Bermain Game dengan Bijak

Sebagai orang tua, merupakan tanggung jawab Anda untuk mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan yang positif. Melek teknologi merupakan hal yang tetap dibutuhkan agar anak Anda tak menjadi kuper namun juga tak berarti memberikan mereka kebebasan yang kebablasan sehingga justru menghilangkan kebiasaan baik lainnya. Akan tetapi untuk menerapkan pembatasan pada anak yang sudah terbiasa dengan pola bermain gadget bukanlah hal yang mudah. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar anak tak melulu bermain gadget dan mulai melakukan kegiatan nyata lainnya:

  • Terapkan peraturan.

Batasi dengan tegas penggunaan gadget pada anak Anda. Jika anak belum mengenal gadget maka berikan batasan usia minimal 14 tahun agar anak bisa memiliki gadget pertamanya, namun jika sudah terlanjur, Anda dapat memberikan batasan penggunaan misalnya hanya pada hari libur sekolah dengan jam-jam tertentu saja.

  • Jadwal kegiatan.

Untuk mengalihkan perhatian anak dari keinginan untuk bermain game melalui gadgetnya, berikan jadwal yang harus ditepati anak misalnya adalah jadwal belajar, menonton film dengan keluarga bahkan jadwal berkunjung ke rumah saudara. Di akhir minggu, ajak si kecil membersihkan kamarnya sendiri atau membersihkan rumah agar memiliki kesibukan untuk mengalihkan perhatiannya.

  • Batasi kuota.

Banyak permainan yang harus dilakukan secara online dan seringnya permainan jenis ini justru yang menjadikan anak ketagihan. Batasi penggunaan kuota anak atau Anda juga bisa mematikan fitur wifi ketika anak menggunakan gadget untuk bermain.

  • Temani si kecil saat menggunakan gadget.

Meski Anda tak ikut bermain namun setidaknya dampingi putra-putri Anda ketika menggunakan gadget agar apa yang dilihatnya bisa Anda pantau.

  • Berikan contoh.

Cara yang paling efektif adalah dengan memberikan anak contoh dengan tidak menggunakan gadget ketika waktu-waktu keluarga seperti makan bersama atau ketika menemani anak belajar.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, diharapkan anak sedikit demi sedikit akan berkurang rasa ketergantungannya akan bermain game dengan gadget. Berikan waktu pada anak untuk bermain dengan teman sebayanya agar bisa bersosialisasi dengan nyata dan mengenal lingkungan sekitar. Dengan mengurangi bermain anak juga diharapkan bisa melakukan kegiatan yang membutuhkan gerakan nyata untuk melatih gerak motorik dan menyehatkan tubuhnya dibanding hanya duduk dan memegang gadget saja.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *