Home » Hobi Menyehatkan » Bukan Hanya Sehat Fisik, Bermain Sepak Bola Juga Menyehatkan Psikis

Bukan Hanya Sehat Fisik, Bermain Sepak Bola Juga Menyehatkan Psikis

Olahraga yang selalu memiliki eksistensi di mata masyarakat dan tidak pernah sepi peminat adalah sepak bola. Permainan yang satu ini memang banyak digemari tak hanya untuk ditonton tetapi juga secara langsung ikut bermain di lapangan.

Bukan Hanya Sehat Fisik, Bermain Sepak Bola  Juga Menyehatkan Psikis

Olahraga yang mulanya dikenal di China lalu berkembang di Inggris ini telah menjangkiti seluruh lapisan masyarakat dunia. Saat ini bahkan sudah ada organisasi sepak bola khusus yaitu FIFA yang berdiri sejak tahun 1904. Selain sangat seru untuk ditonton, ternyata olahraga ini memiliki ragam manfaat yang baik untuk kesehatan pemainnya. Tak hanya fisik, ternyata ia mampu membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan mental seseorang. Berikut uraian manfaat dari olahraga satu ini.

Manfaat untuk Kesehatan Fisik

Olahraga sepak bola menjadi latihan yang baik untuk ketahanan badan yang Anda miliki. Saat melakukan olahraga ini Anda diharuskan berjalan dan berlarian selama permainan berlangsung. Bukan hanya pemain yang mengoper bola tetapi juga penjaga gawang. Meskipun terlihat statis, gerakan melompat dan lari selalu ia lakukan untuk menjaga gawang. Otot dan tulang Anda menjadi semakin kuat. Olahraga ini juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan dapat memacu jantung bekerja maksimal.

Manfaat untuk Kecerdasan Otak

Meskipun terlihat hanya mengandalkan fisik, ternyata olahraga yang terdiri dari sebelas pemain ini juga menuntut Anda mengasah otak. Pasalnya, untuk bisa memenangkan pertandingan, Anda harus mengatur strategi serta mengambil keputusan secara cepat dan tepat saat di lapangan. Anda harus sigap mengkoordinasikan seluruh anggota tubuh untuk mengambil keputusan di lapangan hijau.

Memperkuat Mental Pemainnya

Hasil maksimal yang didapatkan dari olahraga ini salah satunya bersumber dari mental pemain. Perjuangan di lapangan hijau dengan ribuan suporter serta lawan main yang bagus membuat Anda harus kuat dan percaya diri dengan perjuangan Anda bersama tim. Anda diharuskan tidak kenal menyerah dan berusaha yang terbaik untuk memenangkan pertandingan.

Sarana Melatih Kedisiplinan

Bagi pemain sepak bola profesional, menjadi pemain di lapangan hijau membutuhkan perjuangan secara konsisten. Mulai dari latihan intensif dalam waktu lama hingga bertahun-tahun menunjukkan kedisiplinan diri sangat dilatih dan diperlukan pada olahraga ini. Dengan latihan yang lama, akan muncul dedikasi dan komitmen Anda untuk selalu belajar serta disiplin dalam menempa diri untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Latihan Bersosialisasi dan Membangun Team-Work

Olahraga sepak bola memang identik dengan kerjasama tim. Dimana dalam satu tim terdapat 11 anggota. Dari sanalah Anda diharuskan belajar berkomunikasi dengan baik, mengerti satu sama lain, dan selalu kompak. Anda diharuskan memiliki semangat yang tinggi sehingga tidak mengecewakan anggota tim yang lainnya karena performa yang Anda miliki berpengaruh pada tim Anda secara keseluruhan. Olahraga ini mengajarkan Anda untuk belajar berkolaborasi dan kerjasama sehingga dapat mencapai hasil terbaik di lapangan hijau.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *