Home » hobi » Budaya Membaca Ternyata Mendatangkan Banyak Manfaat

Budaya Membaca Ternyata Mendatangkan Banyak Manfaat

Membaca adalah salah satu kegiatan yang akan memberikan manfaat di berbagai aspek. Salah satu manfaatnya yakni baik untuk kesehatan otak dan tubuh manusia. Berbagai penelitian telah dilakukan oleh para ahli guna mengungkap berbagai manfaat dari kegiatan yang akan membuat seseorang semakin cerdas ini. Biasanya orang yang menyukai kegiatan ini disebut kutu buku baik buku fiksi maupun nonfiksi. Berikut ini beberapa manfaat lain bagi para penggemar buku diantaranya:

Budaya Membaca Ternyata Mendatangkan Banyak Manfaat

Menjaga Otak Tetap Aktif dan Tajam

Menurut sebuah artikel dari majalah Prevention menyatakan bahwa latihan otak akan membawa dampak baik bagi kehidupan di kemudian hari. Latihan tersebut salah satunya adalah membaca, aktivitas ini dapat dilatih sedini mungkin agar menjadi sebuah kebiasaan bahkan hobi untuk kehidupan di masa tuanya.

Penambahan Kosakata

Semakin banyak judul buku yang Anda baca, maka semakin banyak pula kosakata yang Anda miliki. Hal ini secara otomatis didapatkan oleh para pembaca buku dari genre apapun. Penambahan kosakata tersebut juga akan membantu Anda dalam berkomunikasi sesuai dengan lingkungan yang sedang dihadapi. Selain itu, pengucapan dan artikulasi dalam berbicara bisa dimengerti dengan jelas dan bahasa yang lugas sehingga akan menambah kepercayaan diri pada diri Anda.

Melatih Kemampuan Menulis

Semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang maka akan mempermudah dirinya untuk menulis. Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, secara tidak langsung kemampuan menulis Anda juga akan semakin meningkat dan berkualitas.

Mengatasi Stress

Manfaat selanjutnya yakni mampu mengurangi tingkat stress bahkan menghilangkan stress. Hal ini merupakan hasil penelitian dari beberapa ahli yang membandingkan efektifitas pengurangan stress pada kegiatan baca, tulis, dengar dan lihat. Hasil penelitian tersebut menyebutkan dengan kegiatan baca, tingkat stress seseorang berkurang hingga 67%.

Menambah Kekuatan Memori

Membaca akan memberikan latihan pada otak Anda dalam memahami sebuah isi bacaan. Otak yang dilatih berpikir akan meningkatkan kemampuan imajinasi, pembelajaran asosiatif dan kemampuan berbahasa. Sehingga Anda akan lebih berkonsentrasi dalam melakukan sebuah kegiatan dan secara otomatis menambah kekuatan memori.

Mencegah Pikun

Rajin baca akan mempertajam pengetahuan dan kepekaan terhadap lingkungan. Semakin banyak aktivitas otak yang dilakukan, maka semakin kecil pula kemungkinan Anda mengidap kepikunan, sebab otak yang dilatih setiap hari tidak akan pernah mati.

Dorongan dalam Pencapaian Tujuan

Jika Anda memiliki hobi membaca buku bertema apapun, Anda termasuk orang yang beruntung karena akan memunculkan motivasi-motivasi baru dalam mendorong tercapainya tujuan hidup. Hal ini dikarenakan dalam setiap buku akan memberikan sebuah pesan dalam menyikapi suatu permasalahan sehingga lebih cepat mendapatkan solusi dalam menggapai tujuan hidup yang diinginkan.

Lebih Hemat

Asyik dengan hobi baca buku akan menjadikan Anda sosok yang kritis khususnya di bidang ekonomi. Misalnya, Anda akan lebih memilih membeli buku sebagai media hiburan daripada harus menghabiskan uang di bioskop.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *