Home » Peluang Bisnis » Bimbang Memilih Bidang Usaha? Mengapa Tak Lirik Hobi yang Bisa Jadi Bisnis

Bimbang Memilih Bidang Usaha? Mengapa Tak Lirik Hobi yang Bisa Jadi Bisnis

Apa hobi Anda? Semua orang tentu memiliki suatu kesukaan dan menjadikannya sebagai kegiatan rutin yang efektif memberikan perasaan senang atau bahagia. Hobi atau kegemaran memang bisa berkaitan dengan banyak hal, misal membaca, mengoleksi barang antik, mengoleksi pernik tokoh kesukaan, dan lain sebagainya. Semua orang memiliki hobi, baik untuk satu macam jenis hobi atau sekaligus beberapa kegiatan kesukaan. Hobi yang dimiliki ternyata bisa diolah menjadi hobi yang bisa jadi bisnis menguntungkan.

Bagi siapa saja yang masih merasa galau untuk membangun sebuah bisnis karena ide berbisnis masih gampang. Mengapa tidak melihat kepada hobi yang dimiliki? Menekuni bisnis lewat hobi ternyata memberikan banyak suntikan keuntungan. Apa saja keuntungan tersebut? Ini dia beberapa ulasannya:

  1. Lebih menikmati proses berbisnis,

Semua penggiat kegiatan bisnis pasti menghendaki bisnisnya sukses dan berkembang baik untuk keuntungan pengelola dan karyawannya. Sayangnya seni dalam berbisnis perlu dipelajari setiap tahapannya, tidak bisa sukses dengan proses instan.

Terlalu fokus kepada hasil untuk sukses bisa membuat bisnis yang dirintis dan diusahakan berkembang berakhir tidak sesuai harapan. Bisnis dengan produk yang mengikuti trend sehingga dianggap musiman, bisnis yang diinginkan orang lain, dan sebagainya. Memang ada kemungkinan untuk sukses, namun kecil kemungkinan ketika dikelola pelakunya menikmati proses pengelolaan tersebut. Berbeda jika menjalankan bisnis dari suatu produk atau kegiatan yang disukai dan dijalankan sebagai hobi, maka proses pengelolaan dinikmati dengan baik.

Baca Juga: Tips menjadikan hobi yang bisa jadi bisnis

  1. Lebih paham kualitas produk atau layanannya,

Hobi bisa menjadi sebuah bisnis, tidak harus hobi membuat kerajinan tangan, ada lebih banyak hobi yang bisa jadi bisnis. Semisal hobi membaca dan mengoleksi buku kemudian membuka usaha penjualan buku. Atau hobi memasak, bahkan hobi pergi ke tempat spa bisa menuntut pelakunya untuk menjajal peluang bisnis dari pelayanan spa yang kualitasnya sesuai harapan. Pelaku bisnis berlatar belakang hobi memang sudah berpengalaman dalam menekuni kegiatan atau produk tertentu yang disukai tersebut.

Maka ketika sudah paham luar dan dalam baik untuk bisnis berbasis pelayanan ataupun produk, bisa lebih mudah memberikan kualitas terbaik. Semisal pecinta buku dan memutuskan untuk menekuni usaha berjualan buku akan lebih paham buku seperti apa yang mudah disukai pecintanya. Kemudian paham betul bagaimana menyajikan konsep toko buku yang cozy untuk memberikan ruang belanja buku yang memberikan sentuhan aman dan nyaman. Hal yang sama juga akan berlaku untuk hobi jenis lain yang ingin dijadikan bisnis.

  1. Lebih mampu mengelola modal,

Kepahaman yang baik dari bidang bisnis yang ditekuni membuat segala bentuk resiko ataupun keuntungan bisa ditelaah dengan baik. Bisnis yang berjalan dari sebuah hobi membuat pelakunya paham betul bagaimana memulai. Terutama dari segi modal, tentu lebih paham modal minimal yang wajib disediakan supaya bisnis berjalan. Memiliki gambaran jelas promosi terbaik seperti apa, proses pemilihan bahan baku terbaik macam bagaimana, dan lain sebagainya.

Pemahaman secara mendetail sejak tahap awal sampai tahap produk jualan atau jasa diberikan langsung kepada konsumen. Membuat pelaku bisnis dari sebuah hobi bisa menekan modal seefisien mungkin sehingga memaksimalkan penghasilan atau profit. Meski terdengar mudah namun sama seperti bisnis jenis lain, hobi yang bisa jadi bisnis tetap memberikan resiko. Resiko gagal atau gulung tikar tetap ada sehingga perlu berancang-ancang membuat rencana untuk menyelesaikan resiko tersebut. Bukankah dalam bisnis resiko bukan untuk ditakuti?

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *