Home » Tanaman » Berkenalan dengan Peralatan Berkebun yang Wajib Dimiliki

Berkenalan dengan Peralatan Berkebun yang Wajib Dimiliki

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun tentu akan sangat memerlukan kehadiran peralatan berkebun supaya kegiatan ini semakin mudah dan hasilnya maksimal. Berkebun kerap dijadikan hobi kalangan ibu rumah tangga yang biasanya menyukai halaman rumahnya ditumbuhi tanaman cantik. Alhasil kebun di depan, samping, maupun belakang rumah akan ditumbuhi aneka jenis tanaman hias sampai tanaman obat atau herbal. Menanamnya tentu perlu ketelatenan sebab tanaman yang sudah ditanam di kebun butuh perawatan khusus setiap hari, salah satunya disiram secara teratur.

Kenali Jenis-jenis Peralatan untuk Berkebun

Kegiatan berkebun sendiri selain memberikan kepuasan personal bagi pelakunya juga bisa dijadikan ladang bisnis. Menjual aneka jenis tanaman hias yang sudah ditanam ke pot atau ditempatkan di plastik polybag tentu menjadi umum dijumpai. Beberapa jenis tanaman bisa dijual dengan harga tinggi mulai dari ratusan sampai jutaan Rupiah. Meski ada pula beberapa jenis tanaman yang bisa dijual murah, dan tentu saja peminatnya tidak sedikit. Selain oleh perorangan yang sekedar ingin menghias halaman rumahnya juga dibutuhkan oleh perusahaan untuk menciptakan taman indah.

Supaya kegiatan berkebun mampu menjadi mudah dan cepat Anda butuh aneka jenis peralatan berkebun. Berikut merupakan peralatan yang sifatnya wajib untuk disediakan:

  • Sekop ataupun cangkul,

Sebelum tanaman ditanam ke tanah atau media pot maka Anda perlu memecah tanah dan membuat lubang sesuai kebutuhan tanaman. Mengolah tanah ini akan memerlukan sekop tangan yang biasanya berukuran kecil sehingga mudah digunakan kalangan perempuan. Sedangkan untuk berkebun di lahan yang luas maka memecah tanah bisa memakai cangkul, namun cangkul ini lebih aman dipergunakan kaum pria karena memerlukan tenaga ekstra saat menggunakannya.

Baca Juga: Cara Berkebun Asik Ala Hidroponik

  • Sekop garpu,

Selain sekop tangan nantinya Anda pun wajib menyediakan sekop garpu, bentuk dan ukuran agak mirip dengan sekop tangan. Namun di bagian ujung dibuat seperti garpu yang berfungsi untuk memecah tanah. Biasanya digunakan untuk membantu memecah tanah menjadi lebih kecil usai diproses memakai sekop tangan tadi. Sehingga media tanah yang sudah dipilih untuk menanam tanaman baik bibit maupun yang sudah dalam bentuk tunas menjadi lebih ideal. Nantinya bisa membantu menjadikan tanah lebih gembur sehingga air dan pupuk yang diberikan mudah terserap.

  • Gunting taman,

Suka dengan kegiatan berkebun tentu menghendaki tanaman yang sudah susah payah ditanam dan dirawat nampak indah. Maka wajib hukumnya menyediakan gunting taman yang hadir dalam berbagai ukuran. Tentunya memilih gunting taman ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan, jika tanaman memiliki ranting yang banyak dan besar maka pilih ukuran besar. Gunting taman akan membantu memangkas batang yang sudah kering dan mati ataupun membentuk tanaman, sehingga peralatan berkebun satu ini penting untuk disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *