Home » Hobi ekstrim » Berikut Ini 4 Tips Agar Balap Motor Tetap Aman dan Menyenangkan

Berikut Ini 4 Tips Agar Balap Motor Tetap Aman dan Menyenangkan

Menikmati hobi balap motor tentu sah saja dilakukan asalkan dilakukan di sirkuit yang benar, kalau memang bukan di balapan resmi. Setidaknya Anda mencari jalan yang lengang atau mungkin di tengah lapangan agar aksi tersebut tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Aksi balapan akan membuat pelakunya memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi dan jika dilakukan di jalan raya. Tentunya akan membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya, sehingga Anda baiknya paham bagaimana menjadi pembalap yang baik dan bukan sekedar handal.

Berikut Ini 4 Tips Agar Balap Motor Tetap Aman dan Menyenangkan

Tips Balapan dengan Sepeda Motor

Bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan balap motor usahakan untuk memahami bagaimana cara aman dan nyaman melakukannya. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

  • Mensetting kendaraan dengan benar,

Motor yang Anda gunakan untuk balapan tentu berbeda dengan motor yang biasa dipakai untuk pulang pergi ke kantor. Maka baiknya lakukan setting terhadap sepeda motor yang akan dipakai balapan agar lebih sesuai. Nantinya Anda perlu melakukan sedikit modifikasi supaya motor tetap sehat meski dipacu dengan kecepatan tinggi. Mintalah saran dari mekanik berpengalaman agar motor tetap prima setelah modifikasi dilakukan.

  • Baiknya menjaga berat badan,

Berat badan rupanya menjadi salah satu hal yang musti diperhatikan oleh Anda yang punya hobi balapan dengan sepeda motor. Mengapa? Sebab jika tubuh terlalu gemuk nantinya akan mempengaruhi kecepatan laju sepeda motor tersebut. Yakni menjadi lambat sebab beban pada sepeda motor lebih besar dan membuat kecepatannya kurang maksimal. Sebaliknya, apabila terlalu kurus yang ada malah pengendalian pada sepeda motor menjadi terlalu sulit. Maka usahakan mencapai berat badan proporsional.

  • Gunakan atribut keselamatan yang memadahi,

Namanya saja balapan maka dijamin motor akan dipacu dengan kecepatan di atas rata-rata dan memiliki resiko kecelakaan lebih tinggi. Jadi jangan uji nyali dengan naik motor balap tanpa atribut keselamatan, malahan menjadi wajib memakai atribut lengkap. Tidak hanya helm saja melainkan juga memakai sarung tangan, pelindung siku, sepatu motor, dan sebagainya. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan keamanan selama berada di arena balapan, yang tentu menghindari resiko fatal saat terjatuh dan tetap melanjutkan aktifitas biasanya.

  • Lakukan hanya saat tubuh dalam keadaan prima,

Mengendarai motor balap ternyata tidak hanya membutuhkan motor yang prima melainkan kesehatan pengendaranya pun wajib dalam kondisi prima juga. Sebab percuma memacu kecepatan secara maksimal jika Anda tidak bisa fokus lantaran tubuh butuh istirahat selama sakit. Usahakan untuk melakukan aksi balapan ini hanya ketika tubuh dalam kondisi sehat agar keselamatan selama berada di tengah arena lebih terjamin. Anda pun bisa memperbesar peluang menjadi juara ketika mengikuti balap motor tersebut, karena bisa mengendarai motor dengan baik.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *