Home » Hobi Menyehatkan » Berikut 4 Tips Belajar Bulutangkis yang Harus Diketahui Bagi Para Pemula

Berikut 4 Tips Belajar Bulutangkis yang Harus Diketahui Bagi Para Pemula

Badminton atau sering pula disebut sebagai bulutangkis ini memang menjadi salah satu olahraga yang terkenal atau populer di Indonesia. Hal ini kemungkinan karena permainannya sederhana dan seru sekaligus atlet badminton Indonesia pernah menorehkan prestasi di ajang internasional. Sehingga olahraga ini kemudian melegenda dan dinikmati semua kalangan, sebab tidak selalu memakai perlengkapan yang harganya mahal. Bukan seperti golf yang memang hanya bisa dinikmati kalangan berkantong tebal dan tidak sulit menemukan pertandingan badminton di tingkat RT.

Berikut 4 Tips Belajar Bulutangkis yang Harus Diketahui Bagi Para Pemula

Tips Belajar Badminton

Meskipun olahraga ini cukup populer dan disebut sebagai jenis olahraga yang mudah dipelajari bisa jadi terasa sulit untuk memainkannya. Bagi pemula yang ingin belajar bisa menyimak tips berikut ini:

Belajar dulu teknik memegang raket,

Teknik pertama sebagai teknik dasar dalam bermain badminton ada pada teknik memegang raket, jadi tidak bisa asal. Terdapat beberapa istilah yang menggambarkan teknik ini supaya raket tidak mudah lepas dan mampu memberikan pukulan yang tenaganya pas. Shuttlecock yang terlempar dengan baik dipengaruhi oleh benar tidaknya Anda dalam memegang raket, pahami secara teori dan perhatikan pemain lawas dalam memegangnya.

Memperhatikan dan mengatur posisi kaki,

Saat bermain bulutangkis bisa dipastikan kaki dan seluruh tubuh tidak hanya diam di satu titik atau satu posisi. Perlu mengikuti arah shuttlecock yang dikirim oleh lawan agar tidak jatuh di dalam garis area Anda, yang artinya menjadi skor tambahan bagi lawan. Namun jangan pula melepaskan shuttlecock yang keluar lapangan karena kalau salah perhitungan malah bisa masuk. Jadi atur posisi dan gerakan kaki supaya bisa lincah mengikuti arah shuttlecock tersebut.

Belajar teknik memukul raket,

Selain teknik memegang raket rupanya bermain badminton ini juga perlu mempelajari teknik memukul raket dengan benar. Sebab tidak bisa asal dipukul melainkan juga diarahkan ke area lawan agar mencetak skor. Membiarkan raket jatuh padahal masih di dalam kotak tentu memberi skor bagi lawan, begitupun saat melempar shuttlecock keluar dari garis lawan. Maka pengaturan tenaganya harus tepat dan paham kapan perlu melakukan smash dan kapan perlu melakukan pukulan biasa agar menciptakan ritme permainan yang manis.

Mempelajari aturan di dalam badminton,

Meski badminton ini tidak berbeda jauh dengan permainan anak-anak karena simpel namun tetap ada aturannya. Bahkan bermain kelereng pun yang terlihat sekedar mendorong biji kelereng dari jari tangan ada aturannya. Maka pelajari aturan di dalam badminton ini supaya bisa bermain dengan baik, artinya bisa mencetak skor sesuai aturan. Kemudian tidak melanggar aturan tersebut sehingga memberi kenyamanan bagi diri sendiri, lawan, maupun yang menonton. Kalau belum tahu aturan bulutangkis baiknya belajar dulu jangan langsung bermain.

 

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *