Home » Hobi ekstrim » Berikut 4 Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Aksi Downhill

Berikut 4 Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Aksi Downhill

Kegiatan downhill merujuk pada kegiatan bersepeda yang lebih ekstrim karena memakai sepeda khusus dan melintasi medan yang terjal. Melirik beberapa documenter pemikat aksi ini tentu akan sepakat kalau termasuk kegiatan olahraga ekstrim. Mayoritas dinikmati oleh kaum Adam karena memang nyalinya lebih besar ketimbang perempuan, meskipun beberapa perempuan juga aktif di balapan. Silahkan mencoba sensasi menikmati kegiatan bersepeda ekstrim ini untuk melepaskan penat sekaligus menjadikan tubuh lebih bugar, karena dijamin aktif bergerak mengayuh sepeda kesayangan.

Berikut 4 Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Aksi Downhill

Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Aksi Ini

Yang namanya kegiatan ekstrim sudah tentu menuntut persiapan matang oleh penikmatnya sebelum benar-benar dilakoni. Hal ini juga berlaku untuk aksi ekstrim lewat sepeda satu ini, dan untuk meningkatkan keamanan maka lakukan persiapan berikut ini:

  • Pastikan tubuh dalam kondisi prima,

Melakukan aksi ekstrim tentu butuh tubuh yang prima sebab selama melakukan aksi ini otak perlu berpikir dengan cepat mengalahkan tantangan di medan yang terjal. Maka sebelum melakukan aksi ini pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan mental pun sudah kuat. Kalau merasa tidak enak badan meski sedikit baiknya tunda dulu untuk melakukannya demi keselamatan.

  • Periksa sepeda supaya kondisinya mendukung,

Melakukan aksi downhill tentu tidak lengkap apabila tidak ditunjang oleh perangkat dan perlengkapan yang mendukung. Salah satunya adalah dari sepeda yang digunakan, usahakan memang dalam kondisi yang prima. Periksa beberapa hari sebelumnya kemudian akan lebih maksimal jika dibawa ke bengkel khusus sepeda. Supaya nantinya bisa dicek adakah sparepart yang aus dan perlu diganti atau sepedanya sudah siap diajak beraksi kapan saja. Gunakan juga sepeda yang dalam kondisi bersih, bukan yang kotor.

  • Menyediakan dan memakai perlengkapan keamanan,

Sebelum melakukan aksi ini Anda juga diwajibkan untuk memakai beberapa perlengkapan keamanan. Seperti helm, sarung tangan, sepatu, bahkan baju khusus untuk menikmati kegiatan ekstrim satu ini. sebab yang namanya bersepeda ekstrim dijamin akan melintasi medan yang berkelok, berlumpur, dan naik turun. Ditambah dengan jalanan yang lembab dan becek sehingga resiko terjatuh sangat tinggi. Jangan sampai menjadi koma atau malah cacat karena terlupa atau sengaja tidak memakai perlengkapan keamanan sesuai standar.

  • Jangan lupa melakukan pemanasan,

Melakukan pemanasan atau warm up juga menjadi persiapan penting sebelum menikmati aksi berbahaya di atas sepeda ini. Usahakan melakukan pemanasan selama beberapa menit sebelum beraksi dan mengenakan perlengkapan sesuai standar keamanan. Tujuannya agar otot tubuh lebih lentur dan Anda bisa bergerak dengan leluasa untuk mengendalikan sepeda selama berada di lintasan balap. Sama seperti olahraga, pemanasan ini bisa mencegah cedera sehingga bisa menjadi pelindung penikmat downhill agar selamat sampai ke garis finish.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *